Round-Up

Perombakan Kabinet Jokowi Munculkan Sosok Kejutan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 06:44 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengenalkan 6 menteri barunya dalam reshuffle kabinet pertama Jokowi-Maruf untuk Kabinet Indonesia Maju.
Foto: Presiden Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin dan enam menteri baru (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)
Jakarta -

Reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diwarnai kejutan. Pasalnya, perombakan kabinet itu memunculkan sosok Yaqut Cholil Qoumas yang ditunjuk menjadi Menteri Agama (Menag).

Awalnya, nama yang santer ditunjuk menjadi Menag adalah Yahya Cholil Staquf. Yahya digadang-gadang menduduki posisi Menag menggantikan Fachrul Razi.

Ketua DPP PKB Faisol Riza menyatakan sejumlah nama calon menteri yang beredar sebelum pengumuman reshuffle dipastikan benar. Ada 3 nama disebutnya sudah pasti menjadi menteri, namun dia tidak menyebutkan nama.

"Saya kira nama-nama yang selama ini beredar, saya meyakini itu benar," kata Faisol saat dihubungi detikcom, Selasa (22/12/2020).

Namun, secara mengejutkan Presiden Jokowi menunjuk Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menag. Ketum GP Ansor ditunjuk menggantikan Fachrul Razi.

"Yang keempat, Yaqut Cholil Qoumas," kata Presiden Jokowi dalam pengumuman menteri baru di Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020).

"Akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama," imbuh Jokowi.

Yaqut Cholil Qoumas (Biro Pers Setpres)Foto: Yaqut Cholil Qoumas (Biro Pers Setpres)

Yaqut Cholil Qoumas masih berstatus legislator di Senayan. Gus Yaqut, sapaan akrabnya, menjabat Wakil Ketua Komisi II DPR.

Penunjukan Yaqut Cholil Qoumas mengejutkan. Sebab, selama ini nama Gus Yaqut tak masuk daftar kandidat calon menteri baru di kabinet Jokowi.

Gus Yaqut dilahirkan di Rembang, 4 Januari 1975. Dia merupakan Ketum GP Anshor--organisasi sayap Nahdlatul Ulama--Periode 2015-2020.

Simak pernyataan Yaqut Cholil Qoumas usai ditunjuk Jokowi menjadi Menag:

Selanjutnya
Halaman
1 2