Satgas Sesalkan Kasus Aktif Corona Tembus 100 Ribu, Beri Arahan ke Pemda

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 17:13 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito, Jubir Satgas Penanganan COVID-19
Jakarta -

Di pengujung 2020 ini, kasus aktif COVID-19 di Indonesia berada dalam level tinggi. Ada 100 ribu kasus aktif. Satgas Penanganan COVID-19 meminta pemerintah daerah segera mengevaluasi penanganan virus Corona di daerah masing-masing.

"Kasus aktif COVID-19 di Indonesia sudah menembus angka 100 ribu kasus. Saya tentunya sangat menyesalkan terjadinya hal ini," kata juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam siaran via kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (22/12/2020).

Angka 100 ribu kasus aktif berarti ada 100 ribu orang yang sedang berjuang melawan COVID-19 di berbagai wilayah Indonesia. Jumlah kasus aktif adalah jumlah kasus positif dikurangi jumlah orang yang sudah sembuh dan meninggal dunia. Angka ini juga mencerminkan kurangnya disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Sehingga masih terjadi bukan hanya penularan, tetapi juga peningkatan penularan di Indonesia saat ini," kata Wiku.

Sebanyak 100 ribu kasus aktif COVID-19 ini harus menjadi alarm bagi semua orang. Pemerintah daerah harus segera mengetahui kelemahan penanganan COVID-19 di daerahnya. Satgas meminta pemda melakukan evaluasi.

"Saya meminta kepada pimpinan di daerah untuk segera mengevaluasi penanganan COVID-19 di fasilitas kesehatan. Pastikan treatment yang diberikan pasien COVID-19 sesuai dengan standar," kata Wiku.

Selanjutnya, arahan Satgas untuk pemda.

Selanjutnya
Halaman
1 2