Formasi Baru Kabinet Indonesia Maju Setelah Jokowi Reshuffle 6 Menteri

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 16:22 WIB
Perkenalan 6 menteri baru Kabinet Jokowi (Youtube Sekretariat Presiden)
Foto: Perkenalan 6 menteri baru Kabinet Jokowi (Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo mengumumkan 6 nama-nama menteri baru di kabinet Indonesia Maju. Dengan diumumkannya 6 menteri baru ini, maka formasi kabinet Indonesia Maju mengalami perubahan.

Pengumuman nama-nama menteri baru ini disampaikan langsung oleh Jokowi, yang didampingi Wapres Ma'ruf Amin, di Istana Negara, Selasa (22/12/2020), sekitar pukul 15.30 WIB. Tampak seluruh menteri baru Jokowi hadir di Istana mengenakan pakaian serba putih, jaket biru, dan celana berwarna hitam. Pengumuman disiarkan di akun Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi lebih dulu mengumumkan Tri Rismaharini atau yang dikenal dengan nama Risma. Wali Kota Surabaya ini, kini diberi tugas Jokowi sebagai Menteri Sosial.

"Yang pertama Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya beliau adalah wali kota Surabaya dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ucap Jokowi.

Kemudian Jokowi memanggil nama Sandiaga Salahuddin Uno. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini ditugaskan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

"Saya ingin mengenalkan tapi kita semuanya saya kira sudah tahu yaitu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno," kata Jokowi.

Berturut kemudian ada nama Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. Mereka akan dilantik pada Rabu, 23 Desember 2020.

Tonton video 'Jokowi Akan Lantik 6 Menteri Barunya Besok':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya formasi kabinet Indonesia Maju pasca reshuffle menteri.

Selanjutnya
Halaman
1 2