Erdogan Akan Bertemu Jokowi di Indonesia Tahun Depan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 12:25 WIB
Presiden Turki Recep Erdogan menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (31/7/2015). Dalam kunjungan kenegaraan ini dibahas tentang kerja sama ekonomi, isu terorisme dan perkembangan konflik timur tengah serta akan ada penerbangan langsung dari Istambul ke Jakarta dan Denpasar. Agung Pambudhy/detikcom.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat bertemu Presiden Jokowi di Jakarta. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan mengunjungi Indonesia pada 2021. Rencananya, Erdogan akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai membahas sejumlah hal dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu. Kunjungan Erdogan ini merupakan kunjungan balasan, setelah Jokowi ke Ankara pada 2017.

"Pada pertemuan tadi, kami membahas rencana kunjungan kenegaraan Presiden Erdogan ke Indonesia tahun depan, tahun 2021. Ini merupakan kunjungan balasan Presiden Erdogan terhadap kunjungan Presiden Jokowi ke Ankara pada tahun 2017," kata Retno dalam pernyataannya, Selasa (22/12/2020).

Retno mengatakan kunjungan Erdogan akan menandai peningkatan hubungan bilateral Turki dan Indonesia. Rencananya, ada penjajakan pembentukan Dewan Strategis Tingkat Tinggi.

"Dalam kunjungan tersebut, kita tengah menjajaki pembentukan High-Level Strategic Council (Dewan Strategis Tingkat Tinggi) yang akan menjadi forum bagi para pemimpin kedua negara untuk membahas secara regular berbagai isu strategis bilateral, regional, dan multilateral yang menjadi kepentingan bersama," kata Retno.

Selain itu, pada pertemuan hari ini, pemerintah Indonesia dan Turki membahas penguatan multilateralisme. Kedua negara mendorong pemerataan ketersediaan vaksin COVID-19.

Simak juga video 'Kecaman Erdogan Soal Karikatur 'Cabul' Dirinya Buatan Charlie Hebdo':

[Gambas:Video 20detik]



Isu Timur Tengah juga dibahas dalam pertemuan. Simak di halaman selanjutnya...