ADVERTISEMENT

Peringati Hari Ibu, Jokowi Kenang Sosok Mendiang Ibunda

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 09:59 WIB
Suasana haru tampak dalam prosesi pemakaman Almarhumah Ibunda Presiden RI Joko Widodo, 
Sudjiatmi Notomiharjo di kawasan Kampung Sumber, Kec Banjarsari, Surakarta, Kamis (26/3/2020).
Presiden Jokowi saat mengantar jenazah ibunda, ke pemakaman. (Foto: pool/ Agus Suparto)
Jakarta -

Tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu, tidak terkecuali bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada peringatan Hari Ibu, Jokowi mengenang sosok mendiang ibunya, yakni Sudjiatmi.

"Tahun ini segera berlalu, tapi akan selalu teringat sebagai tahun yang penuh tantangan. Tahun ketika dunia dihentak pandemi. Di tahun ini pula, ibu saya tercinta berpulang. Ibu yang senantiasa hadir, memberi restu, mengingatkan, menguatkan, dan mendoakan setiap langkah saya," ujar Jokowi lewat akun Instagram, Selasa (22/12/2020).

Ibunda Jokowi meninggal pada tanggal 25 Maret 2020. Jokowi turut mengantarkan jenazah Sudjiatmi hingga tempat peristirahatan terakhirnya di TPU Mundu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Kembali mengenai Hari Ibu. Jokowi menyampaikan salam hormat kepada para ibu dan segenap perempuan di Indonesia.

"Salam hormat kepada para ibu dan segenap perempuan Indonesia yang tetap kuat dan bersemangat. Dengan kekuatan doa, harapan, dan ikhtiar bersama, kita akan melalui masa-masa sulit ini," kata Jokowi.

Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarga, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosial.

Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Di Indonesia, Hari Ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Sukarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Simak video 'Kisah di Balik Perayaan Hari Ibu Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT