33 Tenaga Medis RSUD Anutapura Palu Positif COVID-19

Mohammad Qadri - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 09:44 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi virus Corona. (Edi Wahyono-detikcom)
Palu - Puluhan tenaga medis yang bertugas di RSUD Anutapura Palu dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) dari hasil uji swab test. Kini, angka kumulatif pasien COVID-19 di Kota Palu, Sulawesi Tengah mencapai 845 kasus.

"Kasus Covid-19 di wilayah Palu, masih terus terjadi peningkatan. Bahkan tenaga medis pun banyak yang terindikasi. Saat ini, ada sebanyak 33 tenaga medis di RSUD Anutapura dinyatakan positif Covid-19," kata Plt Direktur RSUD Anutapura drg Hery Mulyadi, Selasa (22/12/2020).

Sementara itu, Hery menyampaikan terpaparnya puluhan tenaga medis di RSUD Anutapura, yang juga merupakan salah satu rumah sakit rujukan perawatan COVID-19, berdampak hingga pada pelayanan medis terhadap pasien umum.

"Jadi peningkatan atau adanya perawat terindikasi, terjadi sejak dua hari lalu. Dan hasil swabtest sudah keluar dan dinyatakan positif COVID-19. Angka 55 kasus tenaga medis itu, cukup tinggi sehingga sangat berdampak pada proses pelayanan pada pasien penyakit umum maupun COVID-19," tuturnya.

Karena penyebaran virus Corona itu, pelayanan ruang perawatan untuk bayi yang baru dilahirkan di RSUD Anutapura ditutup sementara. Penutupan dilakukan sejak 3 hari lalu.

"Jadi awalnya tenaga medis yang terindikasi ada 12 orang bidan. Kini, kami masih menunggu hasil uji swab test. Makanya pelayanan kami tutup untuk sementara demi keselamatan pasien dan tenaga medis lainnya," kata Hery..

"Sudah tutup sejak 3 hari yang lalu, saat ini ada 55 tenaga medis yang bertugas tersebar di sejumlah bagian perawatan di RSUD Anutapura dinyatakan positif," ucapnya.

Catatan: Redaksi mengubah jumlah tenaga medis yang terpapar Corona dari 55 menjadi 33 orang karena narasumber merevisi datanya. (idh/idh)