Round-Up

Tak Terima Pasien Corona Tanpa Gejala Sebab Wisma Atlet Tak Lagi Lega

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 21 Des 2020 20:49 WIB
Kini isolasi mandiri di DKI Jakarta dianjurkan tidak boleh dilakukan di rumah, telah disediakan tempat khusus seperti salah satunya Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.
Wisma Atlet Kemayoran (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Wisma Atlet di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai dipenuhi pasien yang tertular virus corona (COVID-19) dengan gejala. Kini bangunan yang dikhususkan sebagai rumah sakit darurat itu pun mulai tidak menerima pasien COVID-19 yang tidak bergejala.

Pada Minggu, 20 Desember 2020, Komandan Lapangan RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran Letkol Laut Muhammad Arifin menyampaikan bahwa sehari sebelumnya, yaitu Sabtu (19/12/2020) mulai tidak menerima pasien COVID-19 tanpa gejala. Arifin mengatakan kapasitas di Wisma Atlet untuk pasien COVID-19 dengan gejala sudah melampaui 75 persen.

"RSDC mulai hari Sabtu kemarin sudah mulai tidak menerima pasien dengan tanpa gejala," kata Arifin.

Dengan kondisi itu, Arifin mengatakan tower yang sebelumnya digunakan untuk perawatan pasien COVID-19 tanpa gejala dialihkan untuk pasien COVID-19 dengan gejala. Selain itu, disebutkan bahwa hotel-hotel yang disiapkan pemerintah juga mulai penuh terisi pasien COVID-19 dengan gejala.

"Dikarenakan pasien 3 tower dengan gejala sudah melampaui 75%, sehingga perlu spare di tower 5 untuk menerima pasien dengan gejala sehingga tower 5 yang selama ini dipakai untuk menerima pasien dengan tanpa gejala sudah dialihkan dengan pasien dengan gejala," papar Arifin.

Rencananya, kata Arifin, pasien tanpa gejala dialihkan ke Tower 8 serta hotel-hotel yang disiapkan pemerintah. Menurutnya, berdasarkan informasi, hotel-hotel tersebut juga mulai terisi penuh.

"Untuk pasien tanpa gejala akan dialihkan ke Tower 8 Pademangan dan hotel-hotel sekitar DKI yang sudah disiapkan pemerintah. Infonya sudah mulai penuh semuanya," tuturnya.

Lebih lanjut, Arifin mengimbau agar warga tidak melakukan kegiatan berkumpul untuk liburan akhir tahun.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2