Cerita MenPAN-RB: Orang Terdekat Positif Corona hingga Swab 1 Pekan 6 Kali

Zunita Putri - detikNews
Senin, 21 Des 2020 19:23 WIB
Sekjen KPK Cahya Harefa mengantarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, menuju kendaraan dinas menteri di gedung KPK, Jakarta, Senin (21/12/2020).
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo bercerita mengenai banyak orang terdekatnya yang terpapar virus Corona (COVID-19). Tjahjo mengatakan karena orang terdekatnya terinfeksi, maka dia harus tes swab hampir setiap hari.

Cerita Tjahjo berawal dari ucapan permintaan maafnya karena tak dapat menghadiri acara puncak Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia). Tjahjo menjelaskan hal yang melatarbelakangi ketidakhadirannya.

"Saya mohon maaf pada acara puncak Harkodia, saya nggak hadir. Tapi berkat doa, saya tetap negatif COVID-19, memecahkan rekor 1 minggu 6 kali swab," ujar Tjahjo saat menyampaikan sambutan di acara 'Kerja Sama Sistem Pengaduan' di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (21/12/2020).

Tjahjo menceritakan, orang terdekatnya yang terpapar Corona adalah dua anaknya. Sehari-hari, terang Tjahjo, dia tinggal bersama 3 anaknya, 3 menantu dan cucu-cucunya.

Tak hanya keluarga, orang-orang yang bekerja untuknya adalah sekretaris pribadi hingga sopir pribadi turut positif COVID-19.

"Tiga sespri saya di kantor positif, saya 1 rumah dengan 3 anak 3 menantu dan cucu. Dan 2 anak positif, karena masih isolasi, 1 staf rumah tangga positif yang momong cucu, Kemudian 1 sopir, dan 1 sespri istri di rumah positif," ucap Tjahjo.

(zap/aud)