Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Stasiun Gambir Terpantau Sepi

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 21 Des 2020 11:26 WIB
Stasiun Gambir (Foto: Karin/detikcom)
Foto: Suasana Stasiun Gambir 21 Desember 2020 pukul 10.30 WIB (Foto: Karin/detikcom)
Jakarta -

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, Stasiun Gambir, Jakarta Pusat masih terlihat lengang. Tidak terpantau adanya lonjakan penumpang kereta api pagi ini.

Pantauan di Stasiun Gambir, Jalan Medan Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2020) pukul 10.36 WIB, hanya ada beberapa orang saja yang mengantre tiket. Begitupun calon penumpang yang berada di ruang tunggu.

Tampak beberapa penumpang yang masih menunggu jadwal keberangkatan keretanya. Alfian (28) misalnya, dia mengaku ingin menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarganya yang berada di Yogyakarta.

"Iya ini mau ngabisin cuti tahun ini sayang nggak dipakai," ujarnya.

Dia juga mengaku tak khawatir dengan COVID-19. Sebab, dia sudah mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan.

"Enggak, ini kan udah ngikutin protokol kesehatan. Sebelum berangkat juga sudah rapid test dan hasilnya non reactive, semoga aman," lanjutnya.

Hal senada disampaikan Maryati (55). Menurutnya standar penerapan protokol kesehatan untuk kereta api jarak jauh sudah sangat bagus sehingga dirinya tak khawatir melakukan perjalanan antarkota.

"Iya ini kan sebelum berangkat sudah dites rapid, terus di setiap komputer untuk cetak e-ticket juga tersedia hand sanitizer, ini juga jaga jarak di ruang tunggu sudah bagus. Jadi semoga aman," ujarnya.

Stasiun Gambir (Foto: Karin/detikcom)Foto: Suasana Stasiun Gambir 21 Desember 2020 pukul 10.30 WIB (Foto: Karin/detikcom)

Pantauan di lokasi, protokol kesehatan tampak diterapkan di Stasiun Gambir. Nampak terlihat hand sanitizer di setiap komputer tempat penukaran e-ticket. Selain itu, dalam antrean masuk menuju peron juga terlihat pengukur suhu tubuh berbasis digital.

Para calon penumpang yang berada di Stasiun Gambir juga terlihat tertib memakai masker dan duduk sesuai dengan tempat duduk yang tidak ditandai silang. Jarak antara calon penumpang dengan penumpang lainnya berjarak dua kursi.

Sebelumnya PT KAI akan menerapkan syarat perjalanan dengan menunjukkan hasil negatif rapid test antigen selama masa libur Natal dan Tahun Baru. Syarat ini berlaku untuk kereta api jarak jauh mulai 22 Desember 2020-8 Januari 2021.

Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 No 3 Th 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19 dan Surat Edaran Kemenhub No 23 Th 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19.

"KAI mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 melalui moda transportasi kereta api," ujar EVP Corporate Secretary KAI Dadan Rudiansyah.

Tonton video 'Lonjakan Penumpang Mulai Terlihat di Pelabuhan Merak Jelang Libur Nataru':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)