Wagub DKI Ungkap Alasan Perpanjang PSBB Transisi Jelang Libur Natal-Tahun Baru

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 21 Des 2020 11:09 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap salah satu alasan DKI memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi sampai 3 Januari 2021. Pria yang akrab disapa Ariza ini menyebut masa perpanjangan PSBB transisi itu sebagai suatu sikap menjelang libur Natal dan tahun baru 2021.

"Ya kan memang situasinya masih seperti yang sebelumnya, jadi kondisinya kita perpanjang, belum ada pengetatan dan pelonggaran seperti biasa karena angkanya, data dan fakta berdasarkan masukan dari pakar dan epidemiolog," kata Ariza kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2020).

"Kemudian yang kedua namun karena menyikapi Natal dan tahun baru kan ada pengecualian di 4 hari pertama dan 4 hari kedua, yaitu dibatasi sampai jam 19.00 WIB, sekalipun kapasitasnya masih 50 persen, tapi operasional moda transportasi kan dibatasi sampai jam 20.00 WIB," imbuhnya.

Ariza berharap masyarakat dan Pemprov DKI dapat terus bersinergi menekan laju penyebaran virus Corona (COVID-19). Ariza menyebut masyarakat bisa terus menerapkan protokol kesehatan dan pihak Pemprov DKI dapat terus melakukan pelacakan di lingkungan Ibu Kota.

"Jadi saya kira ini cukup mudah-mudahan memberi masukan pada masyarakat agar melaksanakan, memahami tugas-tugas kita semua, masyarakat melaksanakan 3M, hidup sehat, bersih, seimbang. Tugas kami sebagaimana disampaikan Pak Gubernur 3T, tracing, testing, dan treatment," katanya.