ADVERTISEMENT

Relawan JoMan: Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Reshuffle Hari ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Des 2020 10:30 WIB
Relawan Ahok dari komunitas Batman Immanuel Ebenezer
Ketua Umum JoMan, Immanuel Ebenezer (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Isu reshuffle makin menghangat menjelang pergantian tahun. Relawan Jokowi Mania (JoMan) mendapat kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumpulkan menteri-menterinya hari ini.

"Iya, ngebahas soal reshuffle," kata Ketua Umum JoMan, Immanuel Ebenezer atau Noel, saat dikonfirmasi, Senin (21/12/2020).

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin dijadwalkan mengikuti rapat berdua dengan Presiden Jokowi hari ini. Juru bicara Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengatakan rapat itu membahas situasi terkini, bisa jadi soal reshuffle.

"Tidak dijelaskan (agenda rapatnya, red), tapi banyak orang memperkirakan terkait dengan perkembangan terakhirlah," ujar Jubir Wapres, Masduki Baidlowi, saat dihubungi, Senin (21/12/2020).

"Ya kan banyak isu terkait pergantian menteri dan segala macam, saya nggak tahu, karena nggak ada penjelasan," sambungnya.

Meski demikian, Masduki menyebut rapat Jokowi-Ma'ruf Amin tidak melibatkan jajaran menteri. Jokowi dan Ma'ruf Amin menggelar rapat berdua secara intensif.

"Nggak (sama menteri), kalau itu pembicaraan antara Pak Jokowi dan Pak Wapres," kata Masduki.

Ada dua kursi di kabinet yang kosong hingga hari ini. Posisi itu adalah Menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Sosial RI.

Kursi Menteri KP menjadi kosong setelah Edhy Prabowo terjerat kasus dugaan korupsi ekspor benur. Sejumlah nama pengganti Edhy Prabowo mencuat ke publik mulai, dari Sandiaga Uno hingga Sufmi Dasco Ahmad. Dasco menegaskan dirinya tidak tertarik mengisi posisi Menteri KP.

Sementara itu, kursi Menteri Sosial RI juga lowong karena Juliari Batubara terjerat KPK. Juliari Batubara diduga terlibat korupsi bantuan sosial Corona.

Tonton video 'Pengamat Nilai Jokowi Wajib Reshuffle, Keinginan Masyarakat':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT