Round-Up

Duduk Perkara Geger 'Calo' Rapid Test untuk Calon Penumpang Kereta

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 20 Des 2020 19:48 WIB
Jakarta -

Polisi bergerak cepat mengamankan terduga 'calo' yang menawarkan jasa terkait rapid test di kawasan Stasiun Pasar Senen. Tindakan polisi itu bermula dari ramainya informasi yang beredar dari netizen.

Salah satu informasi beredar di Twitter yang disampaikan pemilik akun @ran2mh. Begini isinya:

"Pagi ini sekitar jam 5.28 saya ada distasiun pasar senen. Disekitar pintu masuk banyak bgt 'calo' surat sehat/surat rapid test yang nawarin ke beberapa calon pemudik. Kalo surat rapid aja bisa dicaloin gimana rantai penyebaran covid-19 bisa putus? Mohon @KAI121 ditindaklanjuti," yang ditulis oleh @ran2mh, seperti dilihat detikcom, Sabtu (19/12/2020).

Tak berapa lama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berjanji menindaklanjutinya. "Saya tertibkan," ucapnya singkat saat dihubungi detikcom.

Lalu pada Minggu (20/12) dini hari polisi menangkap 3 orang yang diduga sebagai 'calo' yang menawarkan jasa pengantaran rapid test di sekitar pintu masuk Stasiun Pasar Senen. Barang bukti yang diamankan berupa uang tunai.

"Petugas gabungan Polres Jakpus dan Polsek Senen telah mengamankan pelaku calo yang menawarkan hasil rapid test di Stasiun Senen," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto kepada wartawan, Minggu (20/12/2020).

Ketiga terduga 'calo' itu ditangkap dini hari tadi sekitar pukul 01.30 WIB. Mereka berinisial AS, LY, dan HS. Dari tangan AS, polisi menyita barang bukti berupa uang tunai Rp 100 ribu dan dari LY didapati uang tunai Rp 42 ribu.

Para terduga 'calo' itu saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polres Jakarta Pusat. Polisi menyebut para terduga pelaku menawarkan hasil rapid test untuk para calon penumpang kereta api.

Seperti apa modus terduga pelaku itu?