Mensos Posisi Strategis di Masa Pandemi, PDIP Dinilai Tetap Ingin Menduduki

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 20 Des 2020 07:02 WIB
Hendri Satrio
Hendri Satrio (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kursi Menteri Sosial hingga kini masih belum diisi setelah ditangkapnya Juliari Batubara terkait kasus korupsi dana bansos COVID-19. Sejumlah calon kader PDIP masih santer diusulkan mengisi kursi Mensos tersebut. Ini dinilai pertanda partai berlogo banteng itu masih berhasrat mengisi kursi Mensos.

"Iya, kalau saya sih sepakat-sepakat saja dengan nama-nama (kader PDIP) yang ada karena kan Pak Jokowi juga yang nanti akan pilih. Tapi yang menarik adalah tampaknya PDIP masih minat nih sama kursi Mensos," kata pengamat politik dari lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, saat dihubungi, Sabtu (19/12/2020).

Hendri mengatakan pernah jatuhnya kader PDIP, Julari Batubara, saat menjabat kursi Mensos tidak menghilangkan hasrat PDIP untuk mengusulkan nama kadernya lagi mengisi kursi tersebut. Hendri menilai ini wajar karena jabatan Mensos sangat strategis.

"Jadi hal yang terjadi atau yang telah terjadi oleh, diderita oleh Juliari Batubara ini, tampaknya tidak mengurangi hasrat PDIP untuk tetap menginginkan kursi Mensos karena kursi Mensos ini, terutama di era pandemi, strategis sekali karena bisa langsung berkenaan dengan rakyat," ucap Hendri.

Tak hanya strategis di era pandemi, Hendri menilai kursi Mensos ini juga terbukti ranum. Hal ini terbukti, kata dia, dari tertangkapnya Juliari Batubara.

"Selain strategis, juga ranum, makanya Juliari Batubara sebagai kader PDIP terjebak ranumnya kursi Mensos. Saya lihatnya ke sana," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.