Kapal Wisata di Tepian Mahligai Riau Terbalik, 1 Orang Meninggal

Raja Adil Siregar - detikNews
Minggu, 20 Des 2020 01:23 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam atau kecelakaan kapal(Dok detikcom)
Foto: Ilustrasi kecelakaan kapal (Dok detikcom)
Riau -

Kapal wisata pengangkut 40 orang, terbalik di daerah wisata Tepian Mahligai, Kampar, Riau. Akibatnya ada satu orang meninggal dunia saat peristiwa tersebut.

Informasi diterima detikcom, kapal wisata itu tenggelam di Tepian Mahligai, Desa Koto Mesjid, XIII Kampar, Sabtu (19/12) sekitar pukul 16.00 WIB. Kapal tenggelam setelah keliling sekitar danau PLTA Koto Panjang.

"Iya benar. Kapal wisata angkutan dengan nama KM Banawa Nusantara 58 baru saja melakukan perjalanan keliling di seputaran Danau PLTA Koto Panjang. Tetapi terbalik," kata Kepala BPBD Kampar, Afruddin Amga kepada wartawan.

Kapal terbalik setelah keliling dan menuju dermaga. Kapal itu oleng sebelum akhirnya tenggelam dan menewaskan satu korban, Salman Alfarizi (33).

"Jumlah penumpang diperkirakan ada 40 orang. Dari jumlah penumpang, satu korban jiwa meninggal dan sudah dievakuasi ke RSUD Bangkinang," kata Amga.

Amga memastikan, korban Salman adalah Sekretaris Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI). Ia warga Rumbai Kota Pekanbaru yang saat itu dia diundang ke lokasi untuk mengunjungi wisata yang kini tengah populer.

"Kondisi terakhir kapal sudah dievakuasi dari tempat kejadian menuju ke tepian dermaga," tutup Amga.

(ras/aik)