Hari Bahasa Arab, Ma'ruf Amin: Bahasa Arab Bukan Eksklusif untuk Muslim

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 10:36 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri acara perayaan Bahasa Arab Sedunia secara virtual. Ma'ruf berharap perayaan ini dapat meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan negara Arab.

"Oleh karena itu, Perayaan Bahasa Arab Sedunia hari ini merupakan kesempatan yang baik untuk lebih mempererat hubungan antara keduanya dengan lebih banyak lagi membangun kerja sama di berbagai sektor," ujar Ma'ruf Amin pada Perayaan Hari Bahasa Arab Sedunia Tahun 2020, yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah melalui konferensi video dari kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (18/12/2020).

Acara peringatan ini bertema 'Mempererat Dua Dunia: Indonesia Arab'. Ma'ruf berharap pembelajaran bahasa Arab memberikan kontribusi yang maksimal dan memberikan kemaslahatan umat.

"Saya juga berharap bahasa Arab yang diajarkan secara luas di banyak lembaga pendidikan Indonesia dapat memberikan kontribusi yang lebih besar, baik dalam mempererat tali silaturahim kedua bangsa, Indonesia dan Arab, maupun peningkatan kerja sama yang saling menguntungkan dan membawa kemaslahatan bagi semua pihak," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan bahasa Arab adalah bahasa yang bukan eksklusif untuk muslim. Banyak karya penting dan pemikiran Yahudi di Abad Pertengahan ditulis dalam bahasa Arab.

"Namun bahasa Arab bukan bahasa yang eksklusif khusus untuk muslim, karena juga digunakan dalam ritual esensial pada sebagian gereja Kristen di wilayah Arab. Sejumlah karya penting keagamaan dan pemikiran Yahudi di Abad Pertengahan pun ditulis dalam bahasa Arab," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2