Bandara Minangkabau Sediakan Rapid Test Antigen, Segini Harganya

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 23:48 WIB
Bandara Internasional Minangkabau
Bandara Internasional Minangkabau. (Foto: Dok. Angkasa Pura II)
Padang -

Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mulai besok menyediakan fasilitas rapid test antigen. Penyediaan rapid test antigen ini untuk mendukung penerbangan sehat sebagaimana dilakukan sejumlah bandara di wilayah PT Angkasa Pura II.

"Insyaallah besok sudah mulai (layanan rapid tes antigen) di BIM," kata Humas Angkasa Pura Cabang BIM, Fendrick Sondra kepada wartawan, Kamis (17/12/2020).

Rapid test antigen di Bandara Internasional Minangkabau ini disiapkan oleh Kimia Farma. Diperkirakan untuk pelayanan rapid test antigen dipatok seharga Rp 250 ribu kepada calon penumpang.

"Kemungkinan, Kimia Farma jual Rp 250 ribu BIM," kata Fendrick.

PT Angkasa Pura II menyediakan layanan PCR tes dan rapid test antigen yang melengkapi layanan rapid tes anti bodi, guna mendukung penerbangan sehat terutama di momen libur natal dan tahun baru. Ketentuan ini mulai berlaku sejak 18 Desember 2020 sampai Januari 2021.

Selain rapid test, di Bandara Internasional Minangkabau selama ini juga menyediakan tes PCR yang diberikan secara gratis kepada para penumpang yang datang.

"Layanan tes PCR atau swab gratis juga masih tersedia. Di BIM selain PCR gratis, disediakan jasa layanan bagi penumpang yang membutuhkan jasa rapid test. Karena salah satu syarat untuk terbang adalah rapid test non-reaktif atau PCR negatif," kata Fendrick.

(idn/idn)