Diresmikan, Kota Bogor Kini Punya Gedung Pusat Kerajinan

Abu Ubaidillah - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 18:06 WIB
Wali Kota Bogor, Bima Arya meresmikan Gedung Pusat Kerajinan Kota Bogor yang berlokasi di Jalan Bina Marga Nomor 1b, Kelurahan Baranangsiang,
Foto: Dok. Pemkot Bogor
Jakarta -

Wali Kota Bogor, Bima Arya meresmikan Gedung Pusat Kerajinan Kota Bogor yang berlokasi di Jalan Bina Marga Nomor 1b, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur. Menurutnya peresmian ini menjadi kado terindah di ulang tahunnya yang ke-48.

"Semua wilayah punya nama, karena nama adalah identitas, tetapi tidak semua wilayah memiliki karakter. Melalui Gedung Pusat Kerajinan Kota Bogor akan terlihat sesuatu yang khas, bukan hanya soal identitas tetapi karakter Kota Bogor," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (17/12/2020).

Ia mengatakan gedung tersebut melambangkan Kota Bogor sebagai Kota Pusaka (Heritage City) bila dilihat dari arsitekturnya yang rapi. Selain itu di dalamnya juga terlihat rapi dan canggih yang melambangkan Kota Bogor sebagai Kota Cerdas (Smart City).

Bima mengatakan semangat dan guyubnya para perajin mengatur pola kerja dengan baik melambangkan karakter orang Bogor yang guyub, kompak, dan solid. Menurutnya karakter itu memiliki nilai lebih yang ingin ditampilkan.

Bima bercerita termasuk kepada Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Lina Uu Ruzhanul Ulum dalam acara tersebut selama 6 tahun ia melihat, mengalami, dan bertemu secara langsung dengan para perajin hebat dengan potensi yang besar, namun terbentur berbagai persoalan, seperti tempat, anggaran, dan yang lain. Ia menegaskan bukan hal mudah untuk mengelola potensi hebat yang ada menjadi satu kekuatan bersama.

"Dan hari ini saya melihat potensi yang besar mampu disatukan lewat satu semangat yang luar biasa, sehingga Gedung Pusat Kerajinan Kota Bogor berdiri. Apresiasi untuk Dekranasda dan semua perajin serta pihak terkait lainnya, akhirnya mimpi itu terjadi, menjadi tuan rumah di rumah sendiri," imbuhnya.

Bima menyatakan lokasi yang strategis, tim, dan produk yang luar biasa diharapkan tempat tersebut mampu dikelola secara profesional. Ia juga mengajak semua meyakini bila hal tersebut diserahkan kepada ahlinya, maka semuanya akan lancar.

(akn/ega)