detikcom Raih Penghargaan dari Waste4Change

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 15:43 WIB
Logo Detikcom
Foto: Logo detikcom
Jakarta -

PT Wasteforchange Alam Indonesia (Waste4Change) memberikan penghargaan kepada sejumlah media massa yang berkontribusi menyebarkan edukasi dan kesadaran terkait isu persampahan. detikcom menjadi satu dari 10 media yang diberi penghargaan dari Waste4Change.

Acara ini dihadiri Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri LHK Siti Nurbaya, dan Managing Director Waste4Change M Bijaksana Junerosano. Acara bertajuk 'Waste4Change Appreciation Day 2020' ini digelar secara virtual.

detikcom mendapatkan penghargaan sebagai pemenang bagi media yang berkontribusi menyebarkan edukasi dan kesadaran terkait isu persampahan di Indonesia. Selain itu, Waste4Change memberikan sejumlah penghargaan kepada 100 klien Waste4Change.

"Kami juga memberikan apresiasi untuk 10 perusahaan media yang aktif menyebarkan informasi dan perkembangan persampahan di Indonesia serta mengangkat cerita Waste4Change untuk berkontribusi aktif menawarkan solusi persampahan," kata Sano, secara virtual, Kamis (17/12/2020).

"Semoga apresiasi kecil dari kami ini berarti untuk rekan-rekan sekalian dan meningkatkan semangat untuk bersama menyelesaikan masalah persampahan di Indonesia. Mari bersama kita perkuat langkah dan satukan tujuan demi Indonesia yang bebas sampah," ujarnya.

Waste4Change pada 2020 telah memasuki tahun ke-6. Saat ini telah memiliki lebih dari 2.070 klien untuk dikelola sampahnya, baik dari pemerintahan swasta maupun institusi.

Sementara itu, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukung program Waste4Change dalam pengelolaan sampah. Luhut mengatakan pemerintah telah mencanangkan rencana aksi nasional pengelolaan sampah laut tahun 2018-2025, yang tertera dalam Perpres Nomor 83 Tahun 2018 tentang penanganan sampah laut.

"Kami sangat mendukung program inovatif seperti milik Waste4Change sebagai solusi pengelolaan sampah, pencegahan munculnya ke laut dan di perairan Indonesia. Mari kita lanjutkan perjuangan ini bersama menuju Indonesia yang bersih dan bebas sampah. Jaya Indonesia," kata Luhut.

Lebih lanjut Menteri LHK Siti Nurbaya mengapresiasi langkah aktivis yang bergelut di dunia pengelolaan sampah. Siti berharap semakin banyak pihak yang mendukung penyelesaian persoalan persampahan, mendorong taat peraturan, dan stakeholder yang bekerja sama menjaga Indonesia bersih dan bebas sampah.

"Apa yang dilakukan oleh Waste4Change dan mitra-mitra yang berasosiasi merupakan bentuk upaya wujud implementasi menjalankan dan mematuhi regulasi yang ada dan yang sudah dibentuk pemerintah dan tentu saja didasari oleh kesadaran yang tinggi dari para aktivis, dari para pendorongnya, dari pelopor seperti Waste4Change," kata Siti.

"Dimulai dari praktik memilah sampah di sumbernya, meningkatkan keterpilahan dan keterolahan sampah semaksimal mungkin untuk mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan sampah akhir TPA," imbuhnya.

(yld/bar)