Mahfud Md soal Penjemputan HRS di Soetta: Tak Ada Perusakan, Adanya Kerusakan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 22:14 WIB
Mahfud Pimpin Rapat TGPF Penambakan di Papua
Mahfud Md (dok. Kemko Polhukam)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md mengungkapkan tak ada perusakan saat penjemputan pemimpin FPI Habib Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta. Mahfud mengatakan yang ada hanyalah kerusakan sejumlah fasilitas bandara.

"Kalau bicara tanggung jawab, saya bertanggung jawab, saya mengizinkan pulang, mengawal keamanan, tidak boleh merusak dan tidak ada perusakan," kata Mahfud dalam pernyataannya, Rabu (16/12/2020).

Kerusakan fasilitas, menurut Mahfud, masih terbilang kecil. Mahfud pun menyebut kerusakan tersebut masih ditoleransi.

"Ada kerusakan, tapi bukan perusakan. Apa itu kerusakan? Karena misalnya waktu Habib Rizieq turun, itu orang ada yang naik meja, kursi, itu kecil. Artinya tolerable," ujarnya.

Saat Habib Rizieq tiba di Tanah Air pun, kata Mahfud, petugas mengantar hingga kediaman. Hal itu, menurut Mahfud, merupakan pengecualian atau diskresi dan dia bertanggung jawab atas hal itu.

"Tidak ada perusakan karena beringas. Kita antar ke rumah, sampai jam 16.00 WIB, tinggal. Itu tanggung jawab saya, saya bertanggung jawab sepenuhnya karena itu diskresi," imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbicara soal kekisruhan kerumunan setelah Habib Rizieq Shihab pulang ke Indonesia. Menurut dia, Menko Polhukam Mahfud Md pun harus bertanggung jawab.

"Izinkan saya beropini secara pribadi terhadap rentetan acara hari ini. Pertama, menurut saya, semua kekisruhan yang berlarut-larut ini dimulai sejak adanya statement dari Pak Mahfud, di mana penjemputan HRS ini diizinkan," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil ini setelah menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (16/12).

Selanjutnya
Halaman
1 2