Kemenko Perekonomian Raih Penghargaan KPPU Award 2020

Abu Ubaidillah - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 13:51 WIB
Kantor Kemenko Perekonomian
Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian mendapatkan KPPU Award tahun 2020 untuk kategori utama kementerian/lembaga dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto yakin inovasi lahir dari kompetisi usaha sehingga iklim persaingan usaha yang sehat harus tetap dijaga. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada KPPU atas apresiasi dan penghargaan kepada Kemenko Perekonomian dalam KPPU Award untuk kategori utama kementerian/lembaga.

"Saya dan seluruh jajaran Kemenko Perekonomian selalu berkomitmen mendukung dua peran utama KPPU, yakni sebagai pengawas persaingan usaha dan pengawas pelaksanaan kemitraan, sejalan dengan prinsip persaingan usaha yang sehat, serta upaya membangun pola kemitraan yang ideal," ujar Airlangga dalam keterangannya, Rabu (16/12/2020).

Penghargaan KPPU Award diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi untuk mengapresiasi dukungan serta upaya pemerintah mendorong nilai-nilai persaingan usaha sebagai bagian kebijakan ekonomi yang mendorong prinsip persaingan usaha yang sehat.

KPPU memberikan KPPU Award untuk kategori utama kepada Kemenko Perekonomian karena dipandang telah mendorong perubahan kebijakan yang mendukung persaingan usaha serta kemitraan yang ideal melalui UU Cipta Kerja. Airlangga menyebut apresiasi dari KPPU ini sebagai bentuk pengakuan atas kerja cepat pemerintah merespon tantangan perekonomian.

Ia juga menyebut Kemenko Perekonomian akan terus bersinergi dengan KPPU untuk berkoordinasi lebih baik lagi dengan kementerian/lembaga di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian dalam perumusan, pelaksanaan, dan evaluasi kebijakan, khususnya terkait dengan persaingan usaha dan dukungan kemitraan bagi UMKM.

Sebagai informasi, KPPU Award tahun ini menetapkan 10 nominasi untuk kategori utama kementerian/lembaga, yaitu sebagai berikut.
(i) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
(ii) Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
(iii) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)
(iv) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
(v) Kementerian Keuangan
(vi) Kementerian Perdagangan
(vii) Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia
(viii) Kementerian Perhubungan
(ix) Kementerian Pertanian
(x) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah

KPPU telah melakukan penilaian lanjutan selama 5 bulan terkait kriteria kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi yang dinilai telah memberikan kontribusi terbaik dalam implementasi persaingan usaha yang sehat dan pengawasan pelaksanaan kemitraan.

(prf/ega)