PKB soal Jokowi Sebut Warga Tak Boleh Semena-mena: Semua Harus Taat Hukum

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 14 Des 2020 08:38 WIB
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid
Jazilul Fawaid (Foto: dok. MPR)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan warga tidak boleh semena-mena melanggar hukum. PKB sepakat dengan pernyataan Jokowi.

"Saya setuju dengan pernyataan Presiden, kita hidup di negara hukum maka semua harus taat pada hukum. Namun aparat hukum juga mesti bertindak profesional, sesuai hukum prosedur hukum," ujar Waketum PKB Jazilul Fawaid lewat pesan singkat, Minggu (13/12/2020).

Jazilul juga mengapresiasi Jokowi mempercayakan lembaga hukum independen seperti Komnas HAM. Menurut Jazilul, Komnas HAM mesti bekerja dengan baik dalam menindaklanjuti aduan masyarakat.

Jazilul menambahkan, pernyataan Jokowi itu merupakan sebuah pesan yang tegas. Tak hanya itu, perkataan Jokowi tersebut, kata Jazilul, merupakan indikasi dukungan dan kepercayaan Jokowi kepada aparat penegak hukum.

"Pernyataan itu menyiratkan pesan yang tegas dan normatif sekaligus memberikan kepercayaan kepada aparat penegak hukum dan lembaga hukum yang ada agar bekerja dengan penuh tanggung jawab," lanjutnya.

Sebelumnya, Jokowi menanggapi soal peristiwa kasus tewasnya warga sipil di Sigi, termasuk tewasnya 6 laskar FPI di Tol Jakarta Cikampek Km 50. Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak semena-mena melanggar hukum. Jokowi menegaskan Indonesia merupakan negara hukum.

"Jadi sudah merupakan kewajiban aparat penegakan hukum untuk menegakkan hukum secara tegas dan adil," ujar Jokowi setelah berolahraga sepeda di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (13/12).

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.