Sujud Syukur: Bacaan Niat, Doa, dan Waktu yang Tepat

Rosmha Widiyani - detikNews
Minggu, 13 Des 2020 21:43 WIB
One day One Hadits sholat malam tarawih
Ilustrasi Sujud Syukur (Foto: Tim Infografis detikcom)
Jakarta -

Sujud syukur adalah wujud ungkapan terimakasih seorang muslim kepada Allah SWT yang tak henti-hentinya mencurahkan rahmat dan kasih sayang kepada manusia. Bagi seorang muslim tiap kata dan perbuatan, termasuk sujud syukur adalah ibadah yang mendekatkan diri pada Allah SWT.

Dikutip dari buku Fiqih Islam wa Adillatuhu jilid 2, hukum sujud syukur adalah sunnah menurut pendapat mayoritas ulama. Ibadah ini juga bisa dilakukan tanpa perlu repot.

"Ulama Syafi'iyyah berkata, sujud syukur tidak masuk dalam shalat, hanya saja disunnahkan ketika mendapatkan nikmat," tulis Prof Dr Wahbah Az Zuhaili yang menulis buku tersebut.

Sujud syukur telah diajarkan Rasulullah SAW dalam hadits yang diceritakan Abu Bakrah

عَنْ أَبِى بَكْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ كَانَ إِذَا جَاءَهُ أَمْرُ سُرُورٍ أَوْ بُشِّرَ بِهِ خَرَّ سَاجِدًا شَاكِرًا لِلَّهِ

Artinya: Dari Abu Bakrah, dari Rasulullah SAW, "Ketika beliau mendapatkan hal yang menggembirakan atau dikabarkan berita gembira, beliau tersungkur untuk sujud pada Allah Ta'ala." (HR Abu Daud).

Prof Wahbah menjelaskan, dalil madzhab Syafi'i yang membolehkan sujud syukur ketika mendapatkan kenikmatan atau tertolaknya bencana adalah hadits dari Abdurrahman bin Auf

نَّ جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ أَتَانِى فَبَشَّرَنِى فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ مَنْ صَلَّى عَلَيْكَ صَلَّيْتُ عَلَيْهِ وَمَنْ سَلَّمَ عَلَيْكَ سَلَّمْتُ عَلَيْهِ فَسَجَدْتُ لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ شُكْراً

Artinya: "Sesungguhnya Jibril 'alaihis salam baru saja mendatangiku lalu memberi kabar gembira padaku, Jibril berkata, "Allah berfirman: 'Siapa yang bershalawat untukmu, maka Aku akan memberikan shalawat (ampunan) untuknya. Siapa yang memberikan salam kepadamu, maka Aku akan mengucapkan salam untuknya'. Ketika itu, aku lantas sujud kepada Allah sebagai tanda syukur." (HR Ahmad).

Berikut bacaan niat, doa, dan waktu yang tepat untuk sujud syukur.

1. Bacaan niat sujud syukur

Dalam buku Fiqih Islam wa Adillatuhu tidak ada bacaan khusus saat sujud syukur. Niat langsung dibaca dan tersampaikan saat seorang muslim hendak sujud syukur.

2. Bacaan doa sujud syukur

Buku tersebut menjelaskan, tata cara sujud syukur mirip seperti sujud tilawah. Sujud syukur boleh dilakukan di atas kendaraan dengan isyarat, bagi orang yang sedang bepergian.

Tidak ada doa khusus yang dibaca saat melakukan sujud syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Namun dikutip dari situs al-feqh, bacaan sholat saat sujud bisa dibaca saat sujud syukur

سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى

Arab latin: Subhaana robbiyal 'a'la

Artinya: Mahasuci Tuhanku yang Mahatinggi.

3. Waktu yang tepat untuk sujud syukur.

Sujud syukur bisa segera dilakukan setelah mendengar kabar baik dan menyenangkan. Ibadah sujud syukur bisa dilakukan saat menerima nikmat yang tidak terus menerus.

Prof Wahbah menerangkan contohnya seperti dijelaskan Syafi'iyyah yaitu ketika dikaruniai anak, mendapat kenaikan pangkat, atau selamat dari bala dan bencana. Contohnya adalah selamat dari bencana, kebakaran, dan tenggelam.

(row/erd)