Pria Paruh Baya di Pulogadung Pingsan di Atas Pohon 10 Meter, Kok Bisa?

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 13 Des 2020 20:08 WIB
Sejumlah warga beserta pasukan gabungan melakukan simulasi kesiapsiagaan antisipasi bencana banjir di kawasan Kampung Tangguh RW 15 Kelurahan Penjagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (1/12). Kegiatan yang diikuti oleh pasukan gabungan tersebut bertujuan untuk memberikan antisipasi musim penghujan yang berpotensi banjir. Kegiatan tersebut menjelaskan tentang tata cara mengantisiapsi bencana banjir saat musim penghujan di tengah pandemi COVID-19.
Foto ilustrasi, tidak berhubungan dengan berita. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Seorang pria paruh baya pingsan saat berada di ketinggian 10 meter dari permukaan bumi. Dia tidak sadarkan diri saat memanjat pohon. Petugas pemadam kebakaran langsung menyelamatkannya.

Disampaikan oleh akun Instagram resmi Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Minggu (13/12/2020), pria paruh baya itu adalah Niat Asmada berusia 59 tahun.

Pada Jumat (11/12) pukul 14.35 WIB, Niat Asmada memangkas pohon mangga di rumahnya, di Jalan Bojana Tirta VI Kelurahan Pisangan Timur, Pulogadung. Aktivitasnya ini nyaris berujung petaka lantaran Niat Asmada malah pingsan di ketinggian pohon mangga. Kok bisa pingsan di ketinggian?

"Diduga karena kelelahan dan kehabisan tenaga, korban pingsan di atas pohon di ketinggian 10 meter," kata Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman.

Proses penyelamatan tidak mudah. Posisi pria paruh baya itu cukup tinggi. Kondisi korban juga sedang pingsan. Maka warga memutuskan meminta bantuan personel Pemadam Kebakaran untuk mengevakuasi Niat Asmada.

"Kita kerahkan enam personel melakukan evakuasi. Untuk evakuasi anggota naik menggunakan tangga ke lokasi korban pingsan. Setelahnya korban diturunkan secara perlahan menggunakan tali" ujarnya.

Setelah sekitar 15 menit akhirnya korban berhasil dievakuasi. Selanjutnya, korban dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis.

(dnu/gbr)