Ujian Sekolah di DKI Muat Soal 'Anies Diejek Mega', PAN: Kurang Bijak

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 12 Des 2020 18:52 WIB
Oman Rahman Rakinda
Oman Rahman Rakinda (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Soal ujian sekolah di DKI Jakarta memuat pertanyaan 'Anies Diejek Mega'. Menurut Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, menyertakan nama tokoh politik di soal ujian adalah tindakan kurang bijak.

Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Oman Rahman Rakinda awalnya menilai secara objektif soal tersebut. Dia kemudian menjelaskan penggunaan tokoh dalam kalimat.

"Secara objektif pertanyaan soal sedang menguji kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa mengenai unsur-unsur dalam (intrinsik). Dalam satu cerita, kita mengenal enam unsur cerita: tema, tokoh, watak, alur, setting, dan amanat atau pesan moral dalam cerita. Dari cerita tersebut siswa diharapkan mampu memahami watak tokoh yang menjadi pesan moral," kata Oman kepada wartawan, Sabtu (12/12/2020).

"Ya itu mungkin pelajaran agama, ini kita mencoba menganalisanya dari sisi bahasa Indonesia," katanya.

Pada soal tersebut berbunyi 'Anies selalu diejek Mega karena memakai sepatu yang sangat kusam. Walaupun demikian, Anies tidak pernah marah. Perilaku Anies merupakan contoh...'

Oman menilai penyebutan nama itu memang menuntun kepada tokoh politik. Pada saat itulah Oman menilai soal ujian ini kurang bijak ketika menggunakan nama tokoh politik.

"Nah, dalam penyebutan tokoh inilah yang akan menuntun orang yang membaca berasosiasi terhadap tokoh politik yang kebetulan ada kesamaan dengan nama Gubernur DKI Jakarta saat ini dan nama Ibu Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP," kata dia.

"Jadi tidak ada yang salah dengan soal tersebut, hanya dalam konteks asosiasi politik jadi kurang bijak," katanya.

Tonton juga video 'Soal Ujian Tentang Khilafah Bikin Geger Kediri':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2