Bali Diprediksi Tetap Jadi Tujuan Wisata Meski Pandemi, Menhub Cek Bandara

Angga Riza - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 22:48 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi cek Bandara I Gusti Ngurah Rai. (Dok Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi cek Bandara I Gusti Ngurah Rai. (Dok Kemenhub)
Denpasar -

Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali menjelang libur Natal dan Tahun Baru (nataru). Pengecekan dilakukan terhadap sarana, prasarana, dan juga penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di bandara.

Budi meyakini Bali akan tetap menjadi tujuan wisatawan meski ada pandemi COVID-19. Pengecekan dilakukan mulai dari dalam bandara hingga luar bandara, Jumat (11/12/2020).

"Momen akhir tahun Natal dan Tahun Baru ini kemungkinan akan dimanfaatkan saudara-saudara kita untuk berlibur, salah satunya ke Pulau Bali. Oleh karena itu saya mau memastikan pelayanan di bandara ini telah sesuai dengan standar protokol kesehatan, ini wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19," kata Budi melalui keterangan tertulisnya.

Selain itu, Budi juga meminta jajaran Kemenhub untuk memperketat pengawasan di semua sektor transportasi. Seperti terminal bus dan pelabuhan laut untuk memastikan penerapan protokol kesehatan.

Menhub Budi Karya Sumadi cek Bandara I Gusti Ngurah Rai. (Dok Kemenhub)Menhub Budi Karya Sumadi cek Bandara I Gusti Ngurah Rai. (Dok Kemenhub)

"Tidak hanya di Bandara saja, saya meminta jajaran Kemenhub di Bali untuk fokus memastikan protokol kesehatan juga benar-benar dilaksanakan dengan tegas dan konsisten di terminal bus, pelabuhan laut, dan penyeberangan juga harus dimonitor terus," ujar Budi.

Lebih lanjut Budi menegaskan dalam libur akhir tahun ini jangan menjadi kluster baru di sektor transportasi. Ia meminta setiap sektor transportasi menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Jangan sampai upaya kita berbulan-bulan kemarin menjadi sia-sia. Sektor transportasi harus tegas terhadap protokol kesehatan. Sediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, physical distancing, jaga jarak, jangan sampai ada kerumunan, lakukan penyemprotan disinfectan secara berkala," tegas Budi.

"Terakhir saya berharap dukungan stakeholder transportasi termasuk Pemerintah Daerah untuk bersinergi bersama pemerintah menekan angka penularan virus COVID-19, khususnya di tempat-tempat wisata. Kalau perlu, terapkan aturan tertentu misalnya kapasitas pengunjung dibatasi," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali diprediksi akan kedatangan penumpang masuk ke Bali saat liburan Nataru sejumlah 387.774. Prediksi angka penumpang yang masuk Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai ini mulai tanggal 18 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021.

Menhub Budi Karya Sumadi cek Bandara I Gusti Ngurah Rai. (Dok Kemenhub)Menhub Budi Karya Sumadi cek Bandara I Gusti Ngurah Rai. (Dok Kemenhub)

"Kalau prediksi Nataru kita dari posko ya, kalau dari posko itu perkiraan prediksi kalau masuk ke Bali itu sekitar 387.774 penumpang," kata Stakeholder Relation Manager AP 1 Bandara I Gusti Ngurah Rai Taufan Yudhistira saat dihubungi detikcom, Kamis (10/12/2020).

(dnu/dnu)