Beda Nasib Para Petahana di Pilkada Se-Sumut Versi Sirekap KPU

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 11:49 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Foto: Ilustrasi Pilkada (Zaki Alfarabi-detikcom)
Medan -

Sejumlah petahana kembali maju dalam Pilkada di Sumatera Utara (Sumut). Hasil penghitungan sementara formulir model C.Hasil-KWK yang dikirim KPPS lewat Sirekap menunjukkan beda nasib para petahana yang kembali maju di Pilkada 2020, ada yang menang dan ada yang tumbang.

Hasil penghitungan sementara itu dapat dilihat di pilkada2020.kpu.go.id. Angka yang tertera dalam situs tersebut hanya data hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

"Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan," demikian tulis KPU dalam situs tersebut seperti dilihat detikcom, Jumat (11/12/2020).

Jika ada perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap, maka akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web tingkat kecamatan. KPU menegaskan hasil pada situs tersebut bukan merupakan hasil resmi.

"Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka," tulis KPU.

Hasil sementara yang diraih para petahana se-Sumut berdasarkan data Sirekap pukul 10.30 WIB dapat dilihat di halaman berikutnya.