Stafsus Jokowi Ayu Kartika Dewi Positif COVID

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 20:10 WIB
Staf Khusus Presiden Ayu Kartika Dewi
Stafsus Presiden Jokowi Ayu Kartika Dewi. (Foto: Dok. 20detik)
Jakarta -

Staf khusus Presiden Jokowi Ayu Kartika Dewi mengkonfirmasi dirinya positif virus Corona (COVID-19). Ayu menduga dirinya tertular Corona saat melepas masker dan bertemu orang dengan status OTG Corona.

"Ketularan siapa? Selama pandemi saya hampir nggak pernah keluar apartemen. Kalau keluar juga selalu pakai masker. Saya minggu lalu pergi ke Sigi, tapi setelah dari perjalanan itu saya langsung swab test. Negatif," ujar Ayu dalam keterangannya di akun Instagram, Kamis (10/12/2020). Ayu Kartika Dewi berkenan unggahannya untuk dikutip.

"Setelah itu sempat ketemu dengan 3 orang (lokasinya outdoor dan semi outdoor). Karena sempat makan bareng, jadi ya mungkin tertular ketika lepas masker," kata Ayu.

Ayu mengatakan, sudah sejak bulan Maret berada di rumah dan baru sekali ini bertemu pasien OTG Corona. Ayu mengingatkan akan bahaya ketika melepas masker.

"Dan ketemuan makan adalah momen yang paling berbahaya karena pasti lepas masker. By the way, orang ini sudah diisolasi di tempat lain dan juga sudah saya omeli," kata Ayu.

Ayu saat ini menjalani isolasi mandiri. Dia berharap bisa menjadi donor plasma darah ketika sembuh dari Corona.

"Saya positif COVID-19. Berita baiknya, kalau saya sembuh, saya akan bisa donasi plasma darah," ujarnya.

(dkp/idn)