Bobby Nasution Berjaya di Medan, Golkar: Kemenangan Terbesar Kami

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 15:54 WIB
Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto (Foto: dok. Golkar)
Jakarta - Bobby Nasution-Aulia Rahman berjaya di Pilwalkot Medan versi quick count atau hitung cepat. Partai Golkar sebagai salah satu pengusung Bobby Nasution menyebut ini merupakan kemenangan terbesar mereka.

"Kemenangan ini adalah kemenangan terbesar Partai Golkar," ujar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto kepada wartawan di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (10/12/2020).

Diketahui, hasil quick count Charta Politika menyatakan Bobby-Aulia meraih 55,29 persen suara di Pilkada Medan. Sedangkan Akhyar-Salman mendapat 44,71 persen suara.

Selain itu, para calon yang diusung Golkar memenangi pemilihan di 17 kabupaten/kota dari 23 pilkada atau 73,91 persen kemenangan di Sumatera Utara. Sedangkan di daerah pemilihan Sumatera 2, Golkar semakin berjaya dengan meraih kemenangan minimal 50 persen.

Hasil tersebut, dijelaskan Airlangga, merupakan buah dari kerja keras kader Golkar.

"Itu tentu tandem antara Pak Doli dan Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara, Wakil Gubernur, dan beserta anggota DPR. Ada Ibu Meutya, yaitu memenangkan Partai Golkar dan tentunya wakil gubernur berperan dengan anggota Fraksi Partai Golkar," lanjutnya.

Diketahui pilkada Medan diikuti dua pasangan calon. Paslon nomor 1 adalah Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan paslon nomor 2 ialah Bobby Nasution-Aulia Rachman.

Akhyar-Salman diusung Demokrat dan PKS. Sementara itu, Bobby-Aulia diusung oleh PDIP, Gerindra, PAN, Golkar, NasDem, Hanura, PPP, dan PSI.

Bobby-Aulia menang berdasarkan data hitung cepat sejumlah lembaga survei. Meski demikian, Bobby meminta para pendukungnya bersabar dan menunggu hasil resmi dari KPU Medan.

"Kita tunggu real count. Hasil resmi dari KPU," kata Bobby di Posko Pemenangan Bobby-Aulia di Jalan Putri Hijau, Medan, Rabu (9/12/2020).

Hasil resmi Pilkada Medan bakal disampaikan oleh KPU Medan setelah melakukan rekapitulasi suara dari 4.303 TPS yang ada di Medan. (gbr/gbr)