Klaim Menang QC Pilgub Bengkulu, Rohidin Mersyah Tunggu Keputusan KPU

Hery Supandi - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 19:23 WIB
Cagub Bengkulu Rohidin Mersyah
Foto: Cagub Bengkulu Rohidin Mersyah (tengah). (Hery-detikcom)
Bengkulu -

Pasangan calon gubernur-Wakil Gubernur Bengkulu nomor urut 2 Rohidin Mersyah dan Rosjhonsyah mengklaim unggul 43 persen berdasarkan quick count atau hitung cepat tim pemenangan. Namun, Rohidin tetap menunggu hasil penghitungan resmi KPU.

Berdasarkan quick count tim pemenangan nomor urut 2, Rohidin-Rosjhonsyah mengklaim mereka unggul dari pasangan nomor urut pertama Helmi Hasan-Muslihan DS yang mendapat sebesar 30 persen. Muslihan DS meninggal pada Minggu (6/12). Sedangkan paslon nomor urut tiga Agusrin Maryono Najamudin-Imron Rosyadi 27 persen.

Sedangkan menurut lembaga survei nasional, lanjut Rohidin, berdasarkan 80 persen suara yang masuk pasangan nomor urut dua unggul 39,5 persen. Paslon nomor urut pertama 33 persen dan nomor urut tiga Agusrin M Najamudin dan Imron Rosadi sebesar 26 persen.

"Dari perhitungan lembaga survei nasional dan perhitungan secara mandiri dari tim pemenangan menunjukkan pasangan nomor urut dua dipastikan jadi pemenang pada pilkada kali ini," ujar Rohidin saat melakukan jumpa pers di posko pemenangannya, Rabu (9/12/2020).

Rohidin mengatakan kemenangan ini merupakan kemenangan bersama. Dia meminta timnya untuk menahan diri dan tetap mengawal suara hingga menunggu keputusan resmi dari KPU Provinsi.

"Meski telah dipastikan kita menang, kita tetap menunggu keputusan resmi dari KPU, ini kemenangan bersama," kata Rohidin.

Diketahui, Rohidin Mersyah merupakan incumbent Gubernur Bengkulu. Sedangkan pasangannya, Rosjhonsyah merupakan Bupati Lebong. Pasangan ini diusung oleh Partai Golkar, PDIP, PKS, Demokrat dan PPP.

(idh/idh)