Pilkada Tangsel, Pro Benyamin-Pilar Dinilai Lebih Militan dari Paslon Lain

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 18:46 WIB
Rilis Hasil Quick Count Pilkada 2020 lembaga survei Indikator, Rabu (9/12/2020).
Foto: Rilis Hasil Quick Count Pilkada 2020 lembaga survei Indikator. (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Hasil quick count lembaga Survei Indikator di Pilwalkot Tangsel 2020 menunjukkan pasangan nomor urut 3 Benyamin Davnie-Pilar Saga unggul dari dua pasangan lainnya. Peneliti lembaga survei Indikator, Rizka Halida menilai Benyamin menang dikarenakan pemilih yang militan datang untuk menyoblos ke TPS.

"Di sini kita bisa lihat, misalnya di sini 6 wilayah, Tangsel I Ciputat, di situ memang yang unggul adalah Muhamad-Rahayu Saraswati. Di wiayah itu memang dia teratas dibanding paslon yang lain. Akan tetapi di wilayah lain, misalnya Pamulang, kemudian Tangsel III ada dua kecamatan Serpong dan Setu, Tangsel IV Serpong Utara, Tangsel V Pondok Aren, wilayah itu pada hari ini ternyata memenangkan Benyamin-Pilar, sementara Ciputat Timur relatif berimbang," jelas Rizka di acara Rilis Hasil Quick Count Pilkada 2020, di Hotel Novotel, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Rabu (9/12/2020).

Menurut Rizka, pendukung Benyamin dinilai lebih militan untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan menyoblos jagoannya dibanding pendukung lain. Rizka menilai Benyamin memiliki pendukung setia.

"Di sini kita melihat pemilih dari paslon mana yang militan, dalam arti mereka benar-benar tidak hanya mendukung tapi datang ke TPS dan coblos. Di sini kalau kita lihat di banyak wilayah lebih banyak yang coblos Benyamin-Pilar, ini menjadi sebab yang menjadi pemenang diprediksi yang menang adalah Benny-Pilar," jelasnya.

Untuk diketahui Indikator Politik Indonesia merilis hasil hitung cepatnya di Pilkada Tangerang Selatan. Data yang masuk saat ini sudah 100 persen dengan tingkat partisipasi 60,37 persen.

Berikut perolehan quick count Pilkada Tangsel versi Indikator, di mana pasangan Benyamin-Pilar Saga unggul:

- Muhamad-Rahayu Saraswati 33,41%
- Siti Nur Azizah-Ruhamaben 23,72 %
- Benyamin-Pilar Saga 41,87%
Data masuk 100%
Tingkat partisipasi 60,37%
Margin of error 1,49%

(zak/zak)