Live d'Rooftalk 'Mencari Pemimpin di Saat Krisis'

detikTV - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 16:49 WIB
Jakarta -

Pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 yang digelar di 270 wilayah hari ini harus dilaksanakan berbeda dari pilkada sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi virus corona. Sejumlah wilayah yang berzona merah tetap harus melaksanakan pesta demokrasi ini dengan protokol kesehatan yang ketat.

Selain digelar saat pandemi, pilkada serentak diharapkan dapat melahirkan pemimpin yang berkualitas di tengah menurunnya perekonomian hingga isu korupsi yang melibatkan para tokoh publik termasuk dua Menteri di kabinet Jokowi.

Meski demikian, hingar bingar pesta demokrasi untuk memilih pemimpin di tiap wilayah masih terasa. Selain itu, isu politik dinasti juga turut menjadi sorotan di beberapa wilayah seperti di Solo, Medan dan Tangerang Selatan (Tangsel).

Untuk wilayah Tangsel, hasil quick count LSI, Charta Politika dan Indikator menunjukkan pasangan Benyamin-Pilar unggul atas Muhammad-Sara dan Azizah-Rumaha. Sementara di Solo, keunggulan putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka tampak dalam quick count. Begitu pula menantu Presiden, Bobby Nasution yang unggul quick count di pilwalkot Medan.

Untuk membahasnya, Alfito Deannova akan memperbincangkannya bersama bersama direktur eksekutif Perludem Khoirunnisa, peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia Denny JA Toto Izul Fatah dan peneliti Charta Politika Indonesia Ardha Ranadireksa. Selain itu, Calon Wakil Walikota Tangerang Selatan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dan Calon Gubernur Kalimantan Selatan Denny Indrayana akan turut hadir dalam diskusi. Simak perbincangannya dalam D'Rooftalk: "Mencari Pemimpin di Saat Krisis" hari Rabu (9/12) pukul 19:30 WIB hanya di detikcom.

(hnf/hnf)