Cawalkot Depok Pradi Akan Nyoblos di TPS 15 Kukusan Beji, Begini Suasananya

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 08:50 WIB
TPS 15 tempat cawalkot Depok Pradi Supriatna akan mencoblos (Wilda Hayatun Nufus/detikcom).
TPS 15 tempat cawalkot Depok Pradi Supriatna akan mencoblos. (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Depok -

Warga Depok, Jawa Barat, hari ini memilih calon pemimpin daerahnya pada Pilkada Serentak 2020. TPS 15, tempat calon wali kota Depok Pradi Supriatna akan menggunakan hak suaranya, juga sudah mulai didatangi warga yang akan memilih. Begini suasananya.

Pantauan detikcom di Jalan Mani Nomin, Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/12/2020) pukul 08.00 WIB, petugas sudah siap menyambut para pemilih. Mereka mengenakan masker dan face shield. Petugas TPS juga tampak menyediakan hand sanitizer bagi para pemilih.

Kemudian satu demi satu para pemilih membawa surat undangan untuk mencoblos di TPS 15. Sebelum masuk TPS tempat cawalkot Pradi Supriatna akan mencoblos, para pemilih diarahkan oleh petugas untuk mencuci tangan di wastafel yang sudah disediakan.

Para pemilih kemudian diberi sarung tangan plastik dan dicek suhu tubuh. Jika saat dicek suhu tubuh lebih dari 37 derajat Celsius, pemilih akan diistirahatkan terlebih dahulu dan diarahkan ke bilik suara khusus.

Setelah cek suhu tubuh normal, pemilih kemudian menaruh surat undangan yang telah dibawa dari rumah masing-masing ke tempat pendaftaran. Para pemilih kemudian duduk berjarak sembari menunggu panggilan.

Setelah itu, pemilih masuk ke bilik suara yang telah disediakan. Hanya berkisar 5 menit para pemilih kemudian selesai dan meninggalkan tempat.

Salah seorang warga, Umroni (62), menyebut tidak takut tertular virus Corona (COVID-19) saat mencoblos. Ia menyebut sudah memakai masker dan para petugas di tempat juga sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

"Tidak takut, sudah pakai masker. Petugas di sini juga sediain cuci tangan terus jaga jarak," ungkap Umroni setelah selesai mencoblos.

Dia berharap siapa pun wali kota yang terpilih dapat mengubah Kota Depok menjadi lebih baik. Dia pun ingin para pemimpin Depok nantinya bisa lebih menyejahterakan rakyat.

"Bisa lebih baik lagi, bisa lebih sejahtera ya kitanya ya warganya," katanya.

Diketahui pula, dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang terpampang di papan TPS 15, ada nama Pradi Supriatna, calon wali kota Depok, yang akan menggunakan hak suaranya. Pradi dijadwalkan akan mencoblos pada pukul 09.00 WIB.

Diberitakan sebelumnya, KPUD Depok mengatakan proses pemungutan suara di TPS akan dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Hal itu dilakukan karena hari ini bertepatan dengan pemilihan cawalkot Depok pada Pilkada 2020.

Total ada 4.015 TPS di Kota Depok. Ketua KPUD Depok Nana Shoharba mengatakan seluruh TPS tersebut sudah siap melaksanakan pemungutan suara Pilkada 2020.

"Kami sangat siap untuk pelaksanaan Pilkada. Saat ini semua perangkat sarana prasarana sudah disiapkan dari sisi SDM sudah siap, petugas siap, sisi logistik semua sudah tersedia sudah terpenuhi dan sudah distribusi ke masing-masing KPPS. Kami sudah sangat siap," ujar Ketua KPUD Depok Nana Shoharba saat dihubungi, Selasa (8/12).