Ajak Warga Tidak Golput, Salah Satu TPS di Banjarmasin Datangkan Superhero

Muhammad Risanta - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 08:04 WIB
Barisan Superhero Datang ke TPS di Banjarmasin
Barisan Superhero Datang ke TPS di Banjarmasin (Muhammad Risanta/detikcom)
Banjarmasin -

Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020 serentak hari ini digelar di sejumlah daerah. Berbagai upaya seperti mendatangkan superhero dilakukan agar tidak ada warga yang golput atau enggan ke TPS karena pandemi COVID-19.

Salah satunya TPS di Banjarmasin di mana seluruh petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) mengenakan kostum superhero. TPS 15, yang terletak di kawasan Jalan Kelayan B Kompleks 10, Kelurahan Kelayan Timur, Banjarmasin, langsung menjadi pusat perhatian.

Meskipun mengenakan kostum superhero, seperti Spiderman, Batman, Captain America, dan Superman, petugas tetap menjalankan protokol kesehatan saat bertugas melayani warga yang datang untuk memilih.

"Kami memakai kostum pahlawan super ini untuk menarik warga lainnya agar mau datang ke TPS dan menyalurkan hak suaranya," ujar anggota KPPS TPS 15 Kelurahan Kelayan Timur, Ketua Aziz, kepada detikcom, Rabu (9/12/2020).

Menurut Aziz, dengan mengenakan kostum tersebut, ia bersama petugas KPPS lainnya ingin membuat warga yang ada di TPS merasa senang dan gembira menyambut pesta demokrasi ini. Apalagi, kata dia, karena situasi pemilihan kepala daerah di tengah pandemi yang diyakini membuat sebagian besar warga waswas.

Dengan keberadaan superhero di TPS, menurutnya, hal itu bisa memberikan hiburan sekaligus spirit bagi warga untuk tetap ke TPS dan tidak golput.

"Harapannya di kampung kami tidak ada satu pun warga yang golput. Ini adalah pestanya rakyat, sudah sepantasnya rakyat bergembira ke TPS. Tentunya untuk keamanan dan keselamatan bersama tetap menjalankan protokol kesehatan," sebut Masran, sambil memanggil nama pemilih melalui mikrofon di TPS.

Bagi warga Kelayan B, Kelurahan Kelayan Timur, keberadaan superhero yang bertugas menjaga TPS dan melayani pemilih ini dinilai inspiratif. Warga pun mengaku bersemangat mendatangi TPS yang bersebelahan dengan markas PMK Star 10 Banjarmasin.

"Pokoknya membuat kami senang dan terhibur, mulai dari pintu masuk, memasukkan kertas surat suara, hingga terakhir mencelupkan jari kelingking ke tinta, warga ditemani para superhero ini," ujar salah seorang warga, Adi Borneo.

(maa/maa)