KPU Raja Ampat Siapkan Bilik Khusus Bagi Pemilih Bersuhu Tubuh Tak Normal

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 06:47 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Foto: Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah/detikcom)
Raja Ampat -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, menyediakan bilik suara khusus untuk mengantisipasi pemilih yang suhu tubuhnya tidak normal atau di atas 37 derajat Celcius. Hal itu sebagai upaya penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 pada Pilkada 9 Desember 2020.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Raja Ampat, Muslim Saifuddin di Waisai, mengatakan bahwa sesuai instruksi KPU Pusat pelaksanaan pemungutan suara di TPS pada 9 Desember 2020 wajib menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan COVID-19. Karena itu, bilik suara khusus itu disiapkan.

Muslim mengungkapkan, ada 205 TPS di Kabupaten Raja Ampat. Bilik khusus itu akan ditempatkan di setiap TPS masing-masing satu.

"Apabila ada pemilih yang datang ke TPS kemudian diukur suhu tubuhnya oleh petugas di atas 37 derajat akan diarahkan ke bilik khusus untuk menyalurkan hak suaranya," ujar Muslim dilansir dari Antara, Rabu (9/12/2020).

Selain itu, kata dia, pada setiap TPS juga telah disediakan fasilitas cuci tangan bagi masyarakat. Nantinya, para pemilih, sebelum maupun setelah masuk ke bilik suara untuk menyalurkan hak pilihnya diwajibkan untuk mencuci tangan. KPU juga menyediakan sarung tangan plastik bagi pemilih yang datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya.

Muslim mengatakan, seluruh petugas TPS juga dilengkapi dengan masker dan sarung tangan. Serta undangan pencoblosan yang diberikan bagi masyarakat waktunya telah diatur untuk menghindari kerumunan orang di TPS.

"Setiap pemilih yang masuk ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya diwajibkan untuk menggunakan masker sebagai upaya pencegahan COVID-19," tambah dia.

(mae/mae)