Pertamina Pastikan Pasokan BBM hingga LPG di Jabar Aman Jelang Pilkada

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 21:47 WIB
Stok BBM
Foto: dok. Pertamina
Jakarta -

Jelang pencoblosan Pilkada serentak 9 Desember besok, PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM), Liquified Petroleum Gas (LPG) hingga Avtur tetap optimal dan aman di wilayah Jawa Barat hingga Banten.

Menurut Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan, perseroan telah mengaktifkan tim Satuan Tugas (Satgas) mulai Rabu (7/12) hingga awal tahun baru nanti untuk memantau kondisi lapangan dan optimalisasi penyaluran dan pelayanan.

"Menghadapi libur Pilkada Serentak serta persiapan jelang libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Regional Jawa Bagian Barat telah menyiagakan dan memastikan ketersediaan stok BBM dan LPG di seluruh lembaga penyalur resmi BBM dan LPG, maupun kehandalan sarana, fasilitas, serta stok produk di Fuel Terminal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (9/12/2020).

Eko mengatakan pihaknya memprediksi kenaikan konsumsi BBM jenis gasoline dan gas oil di wilayah Jawa Bagian Barat mulai awal Desember 2020 hingga Januari 2021. Untuk itu, Pertamina menyiapkan tambahan sebesar lebih dari 34.700 kiloliter (KL) per hari, atau naik sekitar 4% dibandingkan penyaluran normal harian yakni sekitar 33.500 KL.

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, seperti tahun sebelumnya Pertamina telah menyiapkan layanan tambahan di jalur tol dan wisata seperti SPBU kantong, layanan BBM modular, motorist Pertamina Delivery Service, dan mobile dispenser," jelasnya.

Lebih lanjut, Eko menuturkan untuk penyaluran LPG di wilayah Jawa Bagian Barat, Pertamina menyiapkan tambahan pasokan rata-rata sebesar 3% dari konsumsi harian normal harian, atau sekitar lebih dari 7.500 Metric Ton (MT).

"Stok LPG aman dan cukup untuk kebutuhan masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru," terangnya.

Di sisi pelayanan aviasi wilayah Jawa Bagian Barat, kata Eko, pihaknya mencatat peningkatan penjualan Avtur di pekan ini yaitu naik sekitar 6,8% dari kisaran rata-rata penjualan harian di tahun 2020 yaitu lebih dari 4.000 KL per hari.

"Kami turut memastikan stok dan pelayanan aviasi yang prima di 6 lokasi Depot Pengisian Pesawat Udara di wilayah Jawa Bagian Barat," ungkapnya.

"Walaupun personil disiagakan selama hari libur nasional, Pertamina telah mengatur sistem jadwal pendistribusian BBM dan LPG agar seluruh pekerja dan tenaga kerja penunjang tetap dapat memberikan hak suaranya saat Pilkada Serentak 2020," pungkasnya.

(prf/ega)