Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020: Ucapan, Logo, dan Maknanya

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 15:47 WIB
hari anti korupsi sedunia 2020
Foto: KPK/Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020: Ucapan, Logo, dan Maknanya
Jakarta -

Hari Anti Korupsi Sedunia kembali diperingati pada Kamis, 9 Desember 2020, termasuk di Indonesia. Surat Edaran KPK tentang peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020 telah terbit pada 20 November.

Dalam surat edaran nomor 30/2020 dijelaskan, peringatan bertujuan menggambarkan perkembangan kegiatan anti korupsi. Tujuan lain adalah Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020 penguatan komitmen pemberantasan korupsi.

"Konsep dan bentuk pelaksanaan rangkaian Hakordia tahun 2020 di kementerian atau lembaga dan pemda diserahkan sepenuhnya pada kebijakan, anggaran, dan kesiapan masing-masing," tulis surat edaran KPK tersebut.

Berikut ucapan, logo, dan makna Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020

A. Ucapan Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020

Kementerian dan lembaga biasanya menggunakan media sosial untuk memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020. Salah satunya lewat Twitter yang bisa menjadi inspirasi.

Berikut ucapan Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020

1. "Menyambut peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia tahun 2020 yang jatuh pada tanggal 9 Desember 2020, seluruh keluarga besar KSOP Marunda memasang foto profil pada sosial media masing-masing sebagai bentuk dukungan pada gerakan anti Korupsi," tulis KSOP Marunda di @KsopMarunda. KSOP adalah kependekan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas IV Marunda.

2. "Kami segenap pimpinan dan jajaran Balai Taman Nasional Kelimutu mengucapkan Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2020. Mari bersama-sama kita membangun tekad dan semangat dalam membangun budaya Anti Korupsi. Bersama kita menjaga integritas dan tetap Hijau Tanpa Korupsi," tulis tnkelimutu @tnkelimutu.

3. "9 Desember adalah Hari Anti Korupsi Sedunia. Jangan pernah menerima suap! Tetap bersih, transparan dan jauh dari kata Korupsi. Mari bersama membangun kesadaran seluruh elemen bangsa dalam Budaya Antikorupsi!" tulis Pemprov Sumut @pemprovsu.

4. "Pas banget nih bentar lagi bakal ada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tahun 2020. Semoga kita bisa menjadi insan yang senantiasa menjaga integritas diri," tulis BPJS Ketenagakerjaan @BPJSTKinfo.

5. "Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia, ya #KawanPajak," tulis KPP Pratama Lahat @pajaklahat309.

6. "Korupsi masih menjadi tantangan yang besar bagi penyelenggaraan pemerintahan. Dan ternyata korupsi juga mengintai dari hal-hal terkecil sekalipun. Itulah mengapa sikap yang sejalan dan satu suara untuk anti korupsi perlu kita gaungkan bersama," tulis KPP Madya Semarang @pajakmadyasmg.

7. "Hai #sobathijau, kalau setiap 9 Desember diperingati sbg Hari Anti Korupsi Sedunia. Adanya peringatan ini, diharapkan sbg bentuk upaya penyadaran bahwa korupsi adl kejahatan luar biasa yg harus dihadapi dg cara luar biasa. Maka dari itu, hanya ada satu kata untuk korupsi, LAWAN," tulis Balai PPIKHL Jawa Bali Nusa Tenggara @bppikhl_jbn.

8. "Melalui Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2020, mari bersama-sama kita menyatukan tekad dan semangat dalam membangun budaya antikorupsi, "Bersama kita bisa Hijau Tanpa Korupsi!" Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2020!" tulis BBTN Bukit Barisan Selatan @BBTNBBS.

9. "Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia. Mari Bersama "Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya AntiKorupsi," tulis Dinas PPPA Provsu @Dispppa_provsu.

10. "Korupsi Membawa Bencana Bagi Kita Semua. Sektor Pengelolaan Sumber Daya Alam Menjadi Salah Satu Titik Rawan Terjadinya Korupsi, Yang Mana Akan Berujung Pada Perusakan Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Melalui Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2020, Mari Kita Wujudkan Semangat Dalam Membangun Budaya Anti Korupsi," tulis Balai TN Tesso Nilo @BALAITNTN.

B. Logo Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020

hari anti korupsi sedunia 2020Hari Anti Korupsi Sedunia 2020. Foto: KPK

Logo Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020 bisa didapat di link https://drive.google.com/drive/folders/1QFgtdrFW8HHtr-b67HEUznD9gOAYLkSZ.

C. Makna Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020

Makna peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020 adalah upaya penyadaran publik terkait bentuk kejahatan ini. Korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus dihadapi juga dengan cara luar biasa.

Tema Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2020 adalah membangun kesadaran seluruh elemen bangsa dalam budaya anti korupsi. Peringatan Harkodia 2020 rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo.

(row/pal)