DPR Wanti-wanti soal Uji Vaksin Corona: Keselamatan Masyarakat Lebih Penting

Eva Safitri - detikNews
Senin, 07 Des 2020 11:49 WIB
Sufmi Dasco Ahmad, gerindra
Foto: Sufmi Dasco Ahmad. (Mochammad Zhacky/detikcom).
Jakarta -

Vaksin virus Corona (COVID-19) buatan Sinovac telah sampai di Tanah Air. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan kehati-hatian dalam proses uji vaksin tersebut.

"Pertama vaksin apapun yang tiba di RU itu harus kemudian dilakukan uji dan mendapat sertifikasi dari BPOM maupun sertifikasi halal, karena vaksin ini juga berpengaruh," kata Dasco kepada wartawan, Senin (7/12/2020).

Kehati-hatian proses uji itu, menurut Dasco harus benar-benar diperhatikan. Dia menegaskan bahwa keselamatan rakyat jauh lebih penting dari apapun.

"Itu yang sangat kita hati-hati. karena akan dipakai untuk seluruh anak bangsa yang di tengah pandemi COVID ini memerlukan vaksin atau semacamnya, yang bisa mengurangi atau mencegah COVID ini. Keselamatan rakyat lebih penting untuk segalanya," ujar pimpinan DPR dari Fraksi Gerindra itu.

Sebanyak 1,2 juta vaksin COVID-19 sudah tiba di Tanah Air Minggu (6/7) pukul 21.30 WIB. Vaksin dibawa dengan menggunakan pesawat Boeing 700-300AR. Vaksin Corona yang tiba ini akan melewati uji klinis terlebih dahulu.

"Satu kabar baik bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin COVID-19. Vaksin ini buatan Sinovac yang kita uji klinis di Bandung sejak Agustus 2020 yang lalu," kata Jokowi dalam tayangan virtual akun YouTube Sekretaris Presiden, Minggu (6/12).

Jokowi mengungkap akan ada 1,8 juta vaksin lagi yang akan tiba pada awal Januari 20219. Disusul dengan puluhan juta dosis bahan vaksin yang masih mentah.

"Kita juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021. Selain vaksin dalam bentuk jadi dalam bulan ini juga akan tiba 15 juta dosis vaksin dan di bulan Januari sebanyak 30 juta dosis vaksin yang dalam bentuk bahan baku curah yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma," ujarnya.

Meski begitu, Jokowi mengingatkan masyarakat harus tetap disiplin protokol kesehatan. "Terakhir meski vaksin sudah ada kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan tetap disiplin 3M, memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan, selalu harus terus kita lakukan. Semoga Tuhan yang Maha Esa memberkahi kita semua untuk bisa melewati ujian wabah ini. Terima kasih," tuturnya.

Tonton video '1,2 Juta Vaksin Sinovac Tiba di RI, Terawan Kejar Izin ke BPOM':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/zak)