Eksklusif: Tangis Penyesalan Ustadz Maaher, Berharap Maaf dari Habib Luthfi

Herianto Batubara - detikNews
Senin, 07 Des 2020 10:04 WIB
Jakarta -

Soni Eranata atau dikenal juga sebagai Ustadz Maaher At Thuwailibi mendekam di tahanan. Dia jadi tersangka atas kasus penghinaan terhadap ulama karismatik Nahdlatul Ulama, Habib Luthfi bin Yahya. Kini sambil berurai air mata, kata penyesalan terucap dari bibirnya.

Tim Blak-blakan detikcom mewawancarai Maaher di Bareskrim Polri, Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020) petang. Pria berkacamata ini tampak mengenakan gamis warna abu-abu dibalut rompi tahanan berwarna oranye. Dia juga mengenakan peci warna putih.

"Alhamdulillah sehat," kata Maaher mengawali perbincangan saat ditanya soal kondisinya.

Maaher kemudian buka cerita soal kasus yang menjeratnya. Maaher ditangkap tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri di kediamannya di wilayah Kota Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (3/12) pukul 04.00 WIB. Dia kemudian ditetapkan sebagai tersangka kasus penghinaan terhadap Habib Luthfi bin Yahya karena cuitan di akun Twitter-nya, @ustadzmaaher_, yang punya 64 ribu pengikut.

Saat itu, di akun Twitter-nya, Maaher membalas cuitan seorang netizen sambil mengunggah foto Habib Luthfi disertai narasi 'Iya tambah cantik pake Jilbab.. Kayak Kyai nya Banser ini ya..'. Menurut polisi, dari cuitan itu ada indikasi Maaher melakukan upaya penghinaan terhadap ulama. Cuitan itu menuai banyak kritik dan kemarahan netizen karena dianggap menghina Habib Luthfi yang selama ini dikenal amat santun dan disegani masyarakat dan para tokoh. Habib Luthfi juga merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Diklarifikasi soal cuitan tersebut, Maaher berdalih itu hanya kesalahpahaman. Maaher, ustadz kontroversial yang jadi sorotan karena kerap melontarkan kata-kata kasar di media sosial, mengaku sebenarnya tidak berniat menghina Habib Lutfi.

Menurut Maaher, saat itu ada netizen di Twitter yang lebih dulu menghinanya dengan kalimat 'kamu Maaher makin cantik ya pakai jilbab'. Maaher saat tampil di media sosial memang kerap menggunakan gamis warna putih dan sorban di kepala. Maaher kemudian mengaku menelusuri akun Twitter yang menghina dirinya tersebut, lalu melontarkan balasan.

"Saya melihat di profile-nya dia itu sangat mengidolakan Habib Luthfi. Nah lalu saya menjawab, 'iya makin cantik ya pakai jilbab seperti Habib Lutfhi bin Yahya'. Eh..., bukan Habib Luthfi, saya tidak sebut nama, tapi 'seperti kiai Banser ini'. Lalu saya tampilkan tuh fotonya Habib Lutfi," jelas Maaher.

Maaher menegaskan dirinya tidak punya niat menghina Habib Luthfi. Dia mengaku tidak punya masalah pribadi dengan ulama karismatik NU tersebut.

"Jadi secara bahasa seakan-akan saya ingin mengatakan kepada si pengguna Twitter yang menghina saya, bahwa kalau kamu menghina saya, menyudutkan saya, saya ini pakai jilbab, padahal saya pakai sorban, berarti secara nggak langsung kamu menghina Habib Luthfi, ulama yang juga saya dan kamu hormati. Saya dan Habib Luthfi kebetulan sama-sama menggunakan pakaian sunah, pakai sorban. Itu sih. Jadi problemnya itu," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2