Bos Sido Muncul Ingatkan Tak Semua Obat Herbal Bisa Cegah Corona

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 22:32 WIB
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat
Foto: Nurcholis Maarif/detikcom
Jakarta -

COVID-19 merupakan penyakit akibat infeksi virus SARS-COV-2 yang belum ditemukan obat penangkalnya. Penyakit ini bisa disembuhkan atau dicegah dengan memanfaatkan kekuatan daya tahan tubuh.

Sejak pandemi virus Corona menjangkit di Indonesia, ada banyak informasi beredar mengenai bahan-bahan herbal atau obat-obatan penangkal penyakit yang menyerang sistem pernafasan itu. Namun, informasi tersebut tak didasari pembuktian ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, tidak semua obat herbal efektif dijadikan obat penangkal COVID-19. Masyarakat mesti teliti, apakah bahan yang direkomendasikan itu telah teruji secara ilmiah dapat memerangi virus penyebab penyakit.

Ia mengimbau masyarakat tidak menelan mentah-mentah semua informasi yang beredar di media sosial mengenai obat herbal pencegah COVID-19. Lalu, bahan-bahan yang bersifat menghangatkan seperti jahe bukan berarti harus dikonsumsi sesering mungkin untuk mencegah COVID-19.

"Masyarakat jangan asal minum (obat herbal) yang ada di media sosial, lalu jangan asal cari yang sifatnya panas atau pedas," kata Irwan saat ditemui di Tangerang Selatan, Minggu (6/12/2020).

Mengkonsumsi bahan-bahan herbal tanpa takaran yang sesuai, lanjut Irwan, malah bisa menimbulkan dampak tidak baik bagi tubuh.

"Tidak semua yang panas (sifatnya) itu baik untuk tubuh. Malah bisa membuat iritasi di mulut, di tenggorokan, di lambung. Coba saja Anda baca mengenai jahe menyebabkan iritasi," papar Irwan.

Ia menyarankan setiap orang untuk mengonsumsi produk herbal atau obat lainnya yang sudah teruji secara ilmiah khasiatnya. Dengan begitu tubuh akan mendapatkan manfaat baik dari produk yang dikonsumsi.

"Bahan-bahan alami itu bagus, bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

(ega/ega)