Febri Diansyah Jawab Sorotan Pimpinan KPK soal 'Wajah Penindakan'

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 19:35 WIB
Febri Diansyah
Febri Diansyah (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menyoroti 'wajah penindakan' saat Febri Diansyah menjadi juru bicara (jubir) KPK. Febri Diansyah sependapat dengan Nawawi.

"Pak Nawawi benar," kata Febri saat dihubungi, Minggu (6/12/2020).

Febri menambahkan pencegahan korupsi perlu ditonjolkan ke publik dengan penyajian informasi yang mudah dipahami. Dia pun mengatakan perlu strategi khusus untuk menjadi jubir KPK di bagian pencegahan korupsi.

"Dari penyusunan pedoman komunikasi dan diskusi yang dilakukan, dibutuhkan strategi khusus dan kapan perlu ditunjuk salah satu pejabat di pencegahan yang bisa jadi semacam 'juru bicara' bagi pencegahan KPK," ucapnya.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan survei terhadap korupsi di Indonesia. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun menyoroti soal perbedaan 'wajah' ketika Febri Diansyah menjadi juru bicara KPK dan setelah diganti.

Awalnya, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan KPK sepakat dengan hasil survei LSI soal kinerja pencegahan korupsi. Dia pun mengatakan pemberitaan KPK tentang pencegahan kurang diminati ketimbang penindakan korupsi.

"Kalau kemudian masyarakat bisa lebih memahami bahwa konteks lingkup pekerjaan komisi tidak hanya pada pencegahan dan penindakan sebagaimana yang di survei tadi, barangkali lebih berbeda hasilnya dengan soal tingkat kepercayaan masyarakat itu sendiri itu," kata Nawawi, di YouTube Lembaga Survei Indonesia, Minggu (6/12/2020).

"Atau dalam pemberitaan soal tugas-tugas pencegahan ini, itu dirasakan betul oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Malah Bu Dani (Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani) tadi secara ini sampai bisa menyebutkan berapa dari tugas-tugas Komisi Pemberantasan Korupsi ini upaya penyelamatan keuangan negara yang telah dilakukan dari sisi pencegahan. Tetapi itu tidak terjual tidak berhasil dipasarkan karena dianggap memang pemberitaan-pemberitaan mengenai pencegahan ini bukan pemberitaan yang seksi sebagaimana tugas-tugas penindakan, barangkali itu," jelasnya.

Nawawi pun mengatakan KPK melakukan langkah-langkah agar wajah tentang pencegahan korupsi yang dilakukan bisa lebih tersorot. Salah satunya dengan mengganti Febri Diansyah sebagai jubir KPK.

"Ketika ada penggantian juru bicara dari Bung Febri Diansyah ke pelaksana tugas yang lain itu sampai ada kelakar dimunculkan karena itu wajahnya Bung Febri itu wajah penindakan. Akibatnya tugas-tugas pencegahan nggak sampai ter.. ini, kita munculkanlah Plt Jubir Pencegahan sosok seorang wanita barangkali dimaksudkan barangkali untuk lebih menarik memberitakan soal pencegahan ini," jelas dia.

Simak video 'Survei LSI: Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja KPK Menurun':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)