Survei LSI: Kinerja KPK Menurun Tajam pada 2 Tahun Terakhir

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 18:43 WIB
Penampakan Gedung Baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan
Gedung KPK (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyoroti kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam dua pekan terakhir ini. LSI menilai tingkat efektivitas KPK dalam memberantas korupsi menurun.

"Nah yang ingin saya soroti adalah bahwa ternyata, pertama, tingkat pengetahuan masyarakat tentang bahwa lembaga-lembaga yang tadi disebutkan memiliki program pemberantasan korupsi, tetapi dari segi efektivitasnya ini terjadi penurunan tajam dari segi persepsi masyarakat," kata Direktur LSI, Djayadi Hanan, saat konferensi virtual di YouTube LSI, Minggu (6/12/2020).

Djayadi menyebut pada Desember 2018 penilaian masyarakat terhadap efektivitas kinerja KPK ada di angka 80 persen. Namun, di akhir Desember ini menjadi 60 persen.

"Pada Desember 2018 misalnya, masyarakat yang menilai kerja KPK itu efektif ada di angka 84,9 persen tetapi menurun tajam di Desember 2020, itu menjadi sekitar 65 persen," ujarnya.

"Ada penurunan tajam dari segi persepsi masyarakat bahwa kerja KPK itu efektif atau tidak sebanyak 20 persen. Jadi asa pandangan dari masyarakat bahwa KPK ini kinerjanya cenderung makin kurang efektif atau efektivitasnya menurun," lanjut Djayadi.

Lebih lanjut, terkait tingkat kepercayaan terhadap KPK, LSI mengungkap sempat ada penurunan tahun lalu. Namun, di tahun ini terjadi kenaikan.

"Kalau kita perhatikan tingkat kepercayaan kepada KPK terutamanya setahun terakhir ini, biasanya lembaga survei lain dengan pertanyaan sama tentang tingkat kepercayaan kepada KPK, (pada) 2020 ini tingkat kepercayaan itu ada di kisaran 60-70 persen saja. Dan itu menurun cukup tajam dibandingkan misalnya di tahun 2018 yang angkanya di kisaran 80 persen," kata Djayani.

"Nah pada Desember 2020 ini, tingkat kepercayaan kepada KPK itu meningkat lagi. Dari 70-an atau bahkan mungkin di bawah 70, pada mungkin Oktober atau September 2020, sekarang menjadi 82 persen," imbuhnya.

Djayadi mengatakan survei LSI ini dilakukan pada 29 November 2020 sampai 3 Desember 2020 dengan menggunakan 2.000 responden. Survei dilakukan dengan wawancara via telepon dengan estimasi margin of error sebesar 2,2 persen.

Simak video 'Survei LSI: Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja KPK Menurun':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)