47 Anak Panti Asuhan dan Pengasuhnya di Babel Tertular Corona

Deni Wahyono - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 13:04 WIB
Puluhan penghuni panti asuhan yang tertular Corona dievakuasi ke lokasi karantina
Puluhan penghuni panti asuhan yang tertular Corona di Bangka dievakuasi ke lokasi karantina (Foto: dok. istimewa)
Bangka -

Puluhan anak panti asuhan di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel), dinyatakan positif Corona (COVID-19). Mereka tertular dari penghuni panti yang berstatus mahasiswa.

"Yang tertular sebanyak 47 orang beserta pengasuhnya," jelas Sekretaris Satgas COVID-19 Babel Mikron Antariksa saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (5/12/2020).

Saat ini anak-anak tersebut dievakuasi ke dua lokasi untuk menjalani masa karantina. Mereka dibawa ke BKPSDM Provinsi dan Asrama Haji Bangka Belitung.

Puluhan penghuni panti asuhan itu berstatus orang tanpa gejala (OTG). Klaster panti asuhan diketahui setelah 75 anak menjalani tes swab.

"(Sebanyak) 47 orang ini terkonfirmasi dari anak inisial MS (anak panti) yang kuliah di salah satu universitas swasta di Sungailiat," jelasnya.

Demi mencegah meluasnya penularan virus, panti asuhan ditutup sementara. Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka pun melakukan sterilisasi.

"Ini sudah dua lokasi penyebaran virus Corona tertinggi. Yang pertama di pondok pesantren, Kabupaten Bangka Tengah, dan saat ini di panti asuhan. Kami minta pihak-pihak asrama agar lebih ketat lagi melakukan pengecekan terhadap anak asuhnya, baik dari sisi kesehatan maupun penggunaan protokol kesehatan," sebutnya.

Mikron mengimbau kepada pemilik asrama atau panti lainnya agar mempersiapkan ruang karantina ketika menemui penghuni yang bergejala Corona. "Dan apabila muncul gejala mirip dengan COVID-19, kami minta (pihak asrama) menyediakan tempat karantina agar tidak menyebar secara masif," imbau Mikron.

Sementara itu, berdasarkan data dari Satgas COVID-19 Babel, total pelajar atau mahasiswa yang positif Corona hingga saat ini mencapai 222 orang. Dan untuk jumlah kumulatif pasien positif Corona di Babel mencapai 1.161 orang.

(aud/aud)