Hari Terakhir Kampanye, Mahfud Ingatkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan

Kadek Melda L - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 11:35 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Menko Polhukam Mahfud Md (ANDHIKA PRASETIA/detikcom)
Jakarta -

Tahapan kampanye pada Pilkada 2020 berakhir hari ini sebelum memasuki hari tenang dan masa pencoblosan. Menko Polhukam Mahfud Md mengingatkan akan sanksi bagi peserta yang melanggar protokol kesehatan.

"Kepada tim kampanye masing-masing, kepada pasangan calon, sanksi masih tetap menanti kalau Anda pada hari terakhir (kampanye Pilkada) ini melakukan pelanggaran," kata Mahfud Md melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (5/12/2020).

Mahfud Md menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menerapkan prokes selama berkampanye. Berdasarkan laporan yang diterima, Mahfud Md menyampaikan kampanye sejauh ini sudah berjalan baik.

"Saya mengucapkan terima kasih, dan saya bergembira karena, berdasarkan laporan-laporan dari lapangan, baik dari kepolisian maupun dari Bawaslu dan KPU, pelaksanaan kampanye selama 71 hari sampai hari ini berjalan dengan baik," kata Mahfud Md.

Mahfud Md mengatakan, sejauh ini terdapat 16 pelanggaran pilkada yang masuk ranah pidana. Tetapi, katanya, pelanggaran tersebut pada kasus yang kecil.

"Semuanya berjalan dengan baik, pelanggaran yang kecil-kecil sudah diperingatkan. Ada yang sampai masuk ke ranah pidana, sebanyak 16 kasus. Karena sesudah diperingatkan masih melanggar lagi, peringatan ke-2 masih melanggar lagi, akhirnya masuk ke pidana. Ada 16 kasus tetapi kecil-kecil. Oleh sebab itu, tidak pernah menjadi perhatian publik," kata Mahfud Md.

Mahfud Md juga meminta tidak ada kerumunan massa pada hari terakhir kampanye. Simak di halaman selanjutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2