Sidak 4 Desember: 4 Berita Teraktual Hari Ini

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 23:13 WIB
Serdy Ephy Fano
Foto: Dok. Bhayangkara FC
Jakarta - Serdy Ephy Fano dan Yudha Febrian yang gagal masuk timnas menjadi perbincangan hangat. Kemudian Kota Wuhan yang merilis video promosi wisata ikut menjadi berita terhangat.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'SERDY EPHY FANO DAN YUDHA FEBRIAN DICORET TIMNAS! SIDAK! : 04/12/2020' yang diunggah akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman 4 berita teraktual hari ini:

1. Sidak ke Bar di Jaksel, Polisi Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya bersama Satpol PP, dan POM TNI melaksanakan operasi penindakan terhadap pelanggaran protokol kesehatan dalam rangka menekan penyebaran virus COVID-19. Hasilnya, ada bar yang ditemukan melanggar protokol kesehatan.
Operasi penindakan gabungan ini digelar Kamis (3/12) pukul 21.00 WIB. Agenda diawali apel di lapangan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Apel dipimpin Dirresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa.

Sebelum pelaksanaan apel, terlebih dahulu dilakukan rapid test dan pemberian vitamin kepada seluruh peserta. Masing-masing 52 orang personel Ditresnarkoba, 10 orang anggota Dit Sabhara, 3 orang anggota Biddokkes, 3 orang anggota POM TNI dan 5 orang anggota Satpol PP Pemda DKI.

Dirresnarkoba Kombes Mukti Juharsa dalam apel menyampaikan sejumlah arahan. Dia juga meminta semua yang ikut kegiatan tersebut dipastikan dalam keadaan sehat dan mematuhi protokol kesehatan sehingga tidak menularkan dan tertular.

"Operasi ini adalah operasi penindakan terhadap pelanggaran protokol kesehatan dan dalam rangka menekan penyebaran virus COVID-19. Sasaran tindakan adalah pengunjung yang di dalam cafe tidak pakai masker, tidak menjaga jarak, juga kapasitas jika melebihi jumlah pengunjung," ujar Mukti.

2. Kota Wuhan Rilis Video Promosi Wisata Ajak Wisatawan Datang

Wuhan, kota di China yang disebut menjadi lokasi awal penyebaran virus Covid-19 di dunia, belum lama ini meluncurkan video promosi wisata terbaru sebagai upaya untuk kembali menarik kedatangan wisatawan.

Dilansir CNNindonesia, judul video tersebut diterjemahkan menjadi "Mari Bertemu di Wuhan."

Diunggah di situs media sosial Biro Kebudayaan dan Pariwisata Wuhan, video itu menyoroti objek wisata terbaik dari kota, hutan apung surealis di Lahan Basah Danau Zhangdu, Menara Yellow Crane bersejarah yang menyala, bersama gambar penduduk Wuhan yang sedang makan mie.

Video ini awalnya diunggah di akun Visit Wuhan dalam media sosial Weibo dalam bahasa Mandarin pada 13 November, yang kemudian diunggah lagi di Facebook dalam bahasa Inggris dengan pesan serupa.


3. Ketauan Dugem, Gagal Masuk Timnas

Tim pelatih Timnas Indonesia U-19 belum mencari pengganti Serdy Ephy Fano dan Yudha Febrian. Kedua pemain itu dicoret dari tim karena indisipliner.

Serdy dan Yudha dipulangkan Timnas U-19 karena terlambat datang ke latihan tim pada, Senin (23/11/2020). Usut punya usut, mereka berdua terlambat datang latihan karena keluyuran dan baru pulang ke hotel pukul 03.00, dini hari, WIB.

Skuad Timnas U-19 pun kini tersisa 35 pemain dengan dicoretnya Serdy dan Yudha. Tapi, tim pelatih belum berniat mencari penggantinya.

"Untuk penambahan pemain baru masih menunggu keputusan dari Coach Shin Tae Yong. Sejauh ini belum ada penambahan pemain," kata Asisten Pelatih Timnas U-19 Nova Arianto kepada wartawan.

4. Kalau Beli Sesuatu, Jangan Sampai Nyusahin Abangnya


Keberadaan ojek online memang menjadi jawaban di zaman serba cepat ini. Selain mengantara penumpang, ojol juga dapat menjadi kurir pengantar. Namun, sayang seringkali tugas sebagai kurir membahayakan keselamatan berkendara mereka sendiri.

Tidak sedikit ditemukan kurir ojol mengantarkan barang yang melebih dimensi dan kapasitas angkut dari sepeda motornya. Mulai dari lemari es, mesin cuci, dan berbagai barang-barang berukuran besar lainnya.

Selain ukuran dan bobot barangnya yang besar, tugas mereka menjadi lebih sulit ketika cuaca buruk seperti hujan. Contohnya seperti video yang dilihat di akun Instagram @newdramaojol.id ini. Seorang kurir menepi di bawah jembatan saat hujan deras mengguyur kala mengantarkan sebuah mesin cuci. Tidak hanya melindungi dirinya dari hujan, barang bawaannya itu juga ia selimuti dengan plastik agar tidak rusak saat barang diterima oleh pembeli.

(dwia/knv)