Milad GAM, Massa Sempat Kibarkan Bendera Bulan Bintang di Masjid Baiturrahman

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 12:06 WIB
Massa sempat kibarkan bendera bulan bintang saat milad GAM (dok. Istimewa)
Massa sempat mengibarkan bendera bulan bintang saat milad GAM. (Foto: dok. Istimewa)
Banda Aceh -

Massa yang berkumpul di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, sempat mengibarkan bendera bulan bintang untuk memperingati milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Setelah terjadi negosiasi massa dengan aparat keamanan, bendera diturunkan lagi.

Pengibaran bendera dilakukan di halaman masjid Baiturrahman, Jumat (4/12/2020). Massa mengibarkan bendera bulan bintang pada satu tiang yang sudah disiapkan. Sedangkan sejumlah bendera lain dipegang beberapa orang.

Petugas kepolisian dan TNI tampak berada di lokasi. Mereka melakukan pengamanan dan negosiasi supaya massa tidak mengibarkan bendera bulan bintang.

Setelah beberapa saat berkibar, massa menurunkan kembali bendera tersebut. Mereka menyampaikan aspirasi terkait kemajuan Aceh.

"Mereka tadi bilang itu bukan bendera separatis, tapi saya sudah sampaikan tidak ada bendera selain bendera Merah-Putih dan mereka menyepakatinya," kata Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti kepada wartawan.

Razak mengatakan massa di Masjid Baiturrahman tidak membuat pemberitahuan kepada pihak keamanan. Polisi dan TNI kemudian meminta massa agar tidak membuat kerumunan untuk mencegah Corona.

"Tadi bendera hanya berkibar sebentar. Setelah itu langsung diturunkan kembali," jelas Razak.

Selanjutnya
Halaman
1 2