Anies Ajukan Kadisdukcapil Jadi Cawalkot Jakpus ke DPRD DKI

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 09:22 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi undangan Polda Metro Jaya untuk klarifikasi soal kerumunan di acara Habib Rizieq Shihab, Selasa (17/11/2020).
Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot Bayu Meghantara sebagai Wali Kota Jakarta Pusat imbas dari kerumunan acara Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat. Anies lalu mengajukan Kadisdukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma sebagai Cawalkot Jakarta Pusat.

Pengajuan tersebut tertuang dalam surat bernomor 439/-071.821 pada (27/11) mengenai permohonan pertimbangan Ketua DPRD DKI Jakarta dalam pengangkatan Wali Kota Jakarta Pusat. Surat itu pun sudah diterima DPRD DKI.

"Baru kemarin (surat pengajuan masuk), namanya Dhany Sukma," kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, kepada wartawan, Kamis (3/12/2020).

Prasetio mengatakan fit and proper test akan dilakukan oleh Komisi A DPRD DKI Jakarta. Dalam uji kelayakan itu, DPRD DKI akan melihat kemampuan dan pengalaman calon tersebut dalam memimpin suatu daerah, mulai dari lurah hingga kecamatan.

"Mekanismenya gini, fit and proper dari Komisi A, kalau nggak Komisi A dan saya memproper dia. Sampai sejauh mana, satu pengalaman dia memegang wilayah, terus pernah menjadi lurah ataupun camat, misalkan gitu," kata politikus PDIP itu.

"Ya latar belakangnya kayak gimana, kalau dia nggak memimpin wilayah (susah), karena ini kan Jakarta Pusat strategis sekali, ada Istana, Balai Kota, DPRD dan wilayah kumuh di Johar, Tanah Tinggi kan, jadi harus menguasai, itu Kemayoran, kayak-kayak begitu," lanjut Prasetio.

Prasetio belum dapat memastikan kapan uji kelayakan dilakukan. Menurutnya, DPRD DKI saat ini tengah fokus dalam menyusun RAPBD DKI Jakarta 2021 bersama Pemprov DKI Jakarta.

"Ya tapi kan saya buat profil dulu, tapi kan sekarang lagi pembahasan anggaran dulu," imbuh Prasetio.

Simak juga video 'Survei SMRC: Anies Dinilai Tak Adil Terapkan Protokol Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Anies telah mencopot Walkot Jakpus dan Kadis LH, apa penyebabnya? simak berita selengkapnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2