Gubernur Riau Positif Corona, Wagub Pimpin Pemerintahan Secara Virtual

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 18:06 WIB
Gubernur Riau Syamsuar (kedua kiri) menyampaikan keterangan pers tentang persiapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru yang telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Kesehatan, di Posko Gugus Tugas Penangangan COVID-19 Provinsi Riau di Pekanbaru, Riau, Senin (13/4/2020). Untuk mecegah meluasnya penyebaran virus Corona (COVID-19), Gubernur Riau mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menaati peraturan-peraturan di saat diberlakukanya PSBB di Kota Pekanbaru. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/wsj.
Gubernur Riau Syamsuar (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Pekanbaru -

Gubernur Riau Syamsuar dan sejumlah pejabat di Pemprov Riau dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19. Roda pemerintahan dipimpin oleh Wakil Gubernur Edy Natar Nasution untuk sementara.

"Saya masih menunggu hasil swab. Kalau untuk roda pemerintahan, sekarang mulai dipimpin Pak Wagub, karena Pak Gubernur sedang menjalani perawatan," kata Sekretaris Daerah Riau Yan Prana Jaya kepada wartawan, Rabu (2/12/2020).

Yan mengatakan sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Edy, katanya, menjalankan pemerintahan secara virtual untuk mencegah penyebaran virus.

"Pak Wagub menjalankan roda pemerintahan secara virtual. Ini untuk mencegah penyebaran virus Corona," imbuh Yan.

Sebelumnya, ada 20 orang yang dinyatakan positif Corona dari klaster Dharma Wanita Riau. Mereka merupakan pejabat Pemprov Riau dan keluarganya.

Orang-orang di lingkaran Syamsuar yang positif Corona lain adalah Kadis Perindag Asrizal dan istri, Kadis Kebudayaan Raja Yoserizal dan istri, serta Kadis Perikanan Herman Mamud dan istri.

"Selanjutnya, Karo Pembangunan serta istri, Karo Administrasi Pimpinan, istri Sekda, ajudan Pak Gubernur 2 orang, ajudan Bu Gubernur 1, dan ajudan istri Sekda," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani.

Istri Gubernur Riau Syamsuar, Misnarni, juga positif Corona setelah sempat menghadiri acara Dharma Wanita di Bengkalis. Dia kemudian dirawat bersama setelah Syamsuar juga dinyatakan positif COVID-19.

(ras/haf)