d'Rooftalk: 'Menanti Taji Satgas Tinombala di Sigi'

detikTV - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 17:27 WIB
Jakarta -

Kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora kembali melakukan aksi teror yang menewaskan 4 orang di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Atas peristiwa ini, Presiden Joko Widodo telah mengecam keras dan memerintahkan Kapolri dan Panglima TNI untuk mengusut para pelaku.

Sorotan pun kemudian mengarah kepada aparat yang tergabung dalam Satgas Tinombala yang mulai beroperasi sejak 2015 untuk menumpas aksi teror di wilayah Poso, Sulawesi Tengah. Meski Satgas Tinombala telah berhasil menewaskan pemimpinnya, Santoso pada 2016 lalu, MIT tetap bisa melancarkan sejumlah teror kepada warga dibawah komando Ali Kalora.

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan operasi Tinombala menemui sejumlah kendala dalam menangkap kelompok MIT. Sejumlah kendala itu di antaranya area hutan dan pegunungan yang dimanfaatkan pelaku sebagai tempat persembunyian.

Selain itu, jumlah kelompok MIT yang kini tersisa 10 orang membuat pencarian semakin sulit. Pasalnya, para anggota MIT itu dapat berbaur dengan masyarakat dan memiliki manuver yang cepat.

Dipandu Alfito Deannova, D'Rooftalk kali ini menyoroti upaya penanggulangan teror yang dilakukan kelompok MIT di Sigi, Sulawesi Tengah. Turut hadir Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar, Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil dan pengamat terorisme Asia Tenggara Sidney Jones. Simak perbincangannya dalam "Menanti Taji Satgas Tinombala di Sigi" secara livestreaming pukul 19:30 WIB di detikcom.

(hnf/hnf)