Cegah Penularan COVID, Korban Banjir di DKI Akan Dites Rapid di Pengungsian

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 15:50 WIB
Logo Pemprov DKI Jakarta
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Jakarta saat ini sudah memasuki musim hujan, biasanya beberapa wilayah di Ibu Kota terendam banjir saat hujan. Di masa pandemi ini, sejumlah skema penanganan warga di pengungsian juga dilakukan dengan cara yang berbeda.

Salah satunya dengan melakukan rapid test terhadap warga yang berada di pengungsian. Kepala Seksi Darurat dan Penanganan Pengungsi BPBD DKI Jakarta Wardoyo mengatakan pihaknya bersama Dinkes DKI Jakarta sudah melakukan simulasi mengenai hal tersebut.

"Iya (pembahasan pengungsi banjir akan menjalani rapid test sudah dilakukan). Simulasi-simulasi sudah," ujar Wardoyo saat dihubungi, Rabu (2/12/2020).

Meski demikian, Wardoyo enggan menjelaskan secara rinci mengenai skema rapid test tersebut. Menurutnya, hal itu menjadi kewenangan Dinkes DKI Jakarta.

"Iya itu nanti tupoksi Dinkes, silakan hubungi Dinkes untuk teknisnya," katanya.

Secara terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan, apabila ada yang mengalami gangguan kesehatan, pengungsi tersebut akan dipisahkan. Selain itu, warga yang mengalami gangguan kesehatan itu akan dites swab.

"Jika ada pengungsi yang mempunyai gangguan kesehatan, maka akan dipisahkan dan dilakukan swab," kata Dwi.

Selanjutnya
Halaman
1 2