Dokter Kecantikan Ungkap Pinangki Operasi di AS pada 2019-2020

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 15:27 WIB
Jakarta -

Dokter kecantikan dan kesehatan pribadi Pinangki Sirna Malasari, Olivia Santoso, membenarkan Pinangki menjalani operasi di Amerika Serikat (AS). Olivia menyebut operasi itu dilakukan Pinangki pada 2019 dan 2020.

"Pernah (operasi) 2019 dan 2020, terdakwa cerita di Amerika," kata Olivia saat bersaksi di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (2/12/2020).

Olivia mengatakan Pinangki menjalani operasi ke dr Jecono. Setelah operasi, Olivia mengaku merawat Pinangki saat proses pemulihan.

"Ya habis operasi butuh supaya recovery cepat, jadi butuh suntik multivitamin," kata Olivia.

Selain itu, Olivia mengaku sudah lama menjadi dokter pribadi Pinangki sejak 2013. Pinangki kerap datang berobat untuk menjalani suntik vitamin C dan suntik kecantikan.

"Terdakwa sering capai, kelelahan kerja, bekerja terlalu lelah, banyak olahraga," kata Olivia.

Treatment yang dilakukan Pinangki adalah homecare, yakni perawat atau dokter datang ke rumah Pinangki. Jasa homecare, kata Olivia, sekali datang Rp 300 ribu, khusus weekend Rp 500 ribu.

"Berapa total biaya yang dikeluarkan terdakwa suntik homecare, botox?" tanya jaksa KMS Roni.

"Dalam 1 tahun bisa Rp 100 juta lebih, dari dulu seperti itu. (Total satu tahun) Rp 170 juta," kata Olivia.

Olivia mengaku tidak curiga akan keuangan Pinangki. Dia menyebut biaya kesehatan Pinangki sejak 2013 sudah seperti itu.

"Karena sudah kenal sejak 2013, dan care sama kesehatan, baik diri sendiri dan teman-temannya memang seperti itu," ucap Olivia.

Dalam kasus ini, Pinangki didakwa menerima suap dari Djoko Tjandra serta tindak pidana pencucian uang. Dia disebut jaksa menguasai USD 450 ribu yang diduga berasal dari Djoko Tjandra. Jaksa menyatakan, pada 2019-2020, Pinangki menyembunyikan atau menyamarkan asal-usul harta kekayaannya yang berasal dari kasus korupsi itu dengan cara menukarkan uang USD 337.600 di money changer atau senilai Rp 4,7 miliar.

Pinangki juga disebut jaksa menyamarkan asal-usul uang korupsi dengan membeli sejumlah kendaraan sekaligus melakukan operasi kecantikan. Salah satu kendaraan yang dibeli adalah BMW X-5, yang harganya Rp 1,7 miliar.

(aud/aud)